Silaturhmi Dengan Awak Media, Pangdam XVII/ Cenderawasih Sebut Peran Media Penting

  • Whatsapp

JAYAPURA – Kodam XVII/ Cenderawasih pagi tadi menggelar laga eksebisi bersama tim gabungan insan Pers dan mantan Punggawa Persipura Jayapura atau Papua All Star di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (25/11/2022).

Laga eksebisi yang dipimpin langsung Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Shaleh Mustafa ini diselenggarakan untuk mempererat tali silaturahmi antara Kodam dan Insan Pers di Jayapura.

Pangdam dalam sambutannya mengaku jika peran Insan Pers sangat penting untuk mengawal publikasi Kodam XVII/ Cenderawasih dan jajarannya.

“Saya harus akui Kodam Cenderawasih butuh awak media sekalian, karena sejatinya apa yang dilakukan oleh Kodam adalah mewakili Negara, mewakili TNI, Masyarakat, sehingga harus di publis, apalagi sifatnya teritorial, kemasyarakatan, Keagamaan dan lainnya,”kata Pangdam.

Karena kegiatan bersama pemerintah, TNI Polri dan masyarakat harus diketahui khalayak, agar jika ada berita-berita hoax bisa ditepis.

“Sehingga tidak mengalir berita yang tidak benar. Dan saya yakin temen-temen wartawan punya integritas, punya komitmen dan nilai-nilai kejujuran untuk itu,”ucapnya.

Pangdam XVII Cenderawasih yang getol dengan Sepakbola ini mengaku juga selama menjabat komandan baik satuan, Korem hingga Pangdam, telah membuat beberapa lapangan Sepakbola.

“Ada di Bogor digunakan Persikabo, lalu di Serang Banten digunakan PSS Serang dan beberapa lapangan lagi. Saya memang cinta bola, hanya tidak kesampaian jadi pemain sepakbola,”ucapnya yang dibalas tepuktangan awak media.

Diakuinya jika dalam Sepakbola terdapat semua kebaikan, baik kebersamaan, strategi dan olah fisik. Sehingga diharapkan cabang olahraga ini mampu terus eksis di Indonesia khususnya Wilayah Indonesia Timur.

“Kita saat ini telah menyelenggarakan Liga Top Score di Nafri Kota Jayapura. Kita bekerjasama juga dengan Tim yang masuk Liga Tiga dari Timika. Pembinaan harus dilakukan terus menerus dan sejak dini,”katanya.

Dalam silaturahmi tersebut mencuat wacana menghidupkan kembali Turnamen Pangdam Cup yang telah lama vakum. Malah, PAS bakal bertindak sebagai Panitia Penyelenggara (Panpel) Pangdam Cup mendatang.

“Bapak-bapak dorang semua yang ada di PAS, kami mengucapkan terima kasih bapak-bapak telah sampaikan untuk menggulirkan kembali Pangdam Cup itu kita akan direalisasikan dalam waktu dekat. Saya tunggu nanti panitianya,” ujar Pangdam.

Ketua PAS Metu Duaramuri melalui Sekretaris PAS Yohanes Zonggonao mengatakan, pihaknya mengagendakan pekan ini beraudensi dengan Pangdam, untuk persiapan rencana Turnamen Sepakbola Pangdam Cup.

“Kami sudah siapkan panpel, termasuk perangkat pertandingan,” ujar Zonggonao.

Mantan Pemain Persipura Jayapura ini menuturkan, Pangdam XVII/Cenderawasih Cup bergulir sejak tahun 1980-an.

Pangdam Cup diikuti seluruh Kabupaten di Provinsi Irian Jaya, sekaligus sebagai salah-satu ajang pencarian bakat atau talent scooting, pemain-pemain masa depan di Tanah Papua.

“Tempo dulu belum ada Liga III PSSI. Jadi Pangdam Cup bisa disejajarkan dengan Liga III,” terang mantan penyerang Persija Jakarta ini.

Dikatakan tim-tim seperti Persipura Jayapura, Perseman Manokwari, PSBS Biak dan lain-lain adalah tim peserta Pangdam Cup.

Dikatakan, salah satu tim yang pernah menjuarai Pangdam XVII/Cenderawasih Cup adalah Perseman Manokwari.

“Pangdam Cup adalah satu turnamen yang ikut mendorong Perseman Manokwari hingga melahirkan pemain-pemain terbaik, macam Adolf Kabo, Yonas Sawor, Ely Rumaropen dan lain-lain. Mereka akhirnya ikut Divisi Utama PSSI sekitar tahun 1980-an,” pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait