Sinergi TNI–Polri dan Masyarakat Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Pademawu

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com | Kodim 0826/Pamekasan melaksanakan penanaman pohon Mangrove di Pesisir Pantai The Legend yang ada di Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Senin (15/05/2023).

Penanaman pohon Mangrove ini juga dilaksanakan secara serentak di wilayah Indonesia dengan tema “Mangrove For Batter Life (untuk kehidupan yang lebih baik)”

Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Ubaydillah mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon Mangrove dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang diikuti oleh Presiden Republik Indonesia.

“Puncak penanaman pohon Mangrove secara nasional serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.Joko Widodo,” tutur Dandim kepada awak media.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem pantai dan laut serta mengurangi potensi abrasi atau pengikisan oleh air pantai,”lanjutnya.

Kapolres Pamekasan melalui Kasihumas Polres Pamekasan Iptu Sri Sugiarto mengatakan kegiatan ini merupakan upaya TNI-Polri bersama pemerintah dalam menjaga lingkungan dan melestarikan alam melalui konservasi dan penghijauan kembali di daerah pesisir. Tuturnya

“Tanaman mangrove memiliki berbagai banyak manfaat dan peran yang amat penting bagi keberlanjutan lingkungan, Mangrove diyakini dapat bermanfaat untuk menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut’, ucap Kasihumas Polres Pamekasan, Rabu (16/5/2023).

“Semoga penanaman pohon mangrove ini bisa bermanfaat dalam menjaga ekosistem dan sebagai langkah mitigasi bencana, mari kita jadikan penanaman mangrove ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya kesadaran lingkungan bagi generasi untuk masa mendatang. Pungkasnya

“Mudah-mudahan apa yang kita tanam pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya di wilayah Kecamatan Pademawu Kab. Pamekasan,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai.

Lebih lanjut, beliau menekankan kepada setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya agar dapat memberikan manfaat bagi kita semua.(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait