SMK Bali Juara Kompetisi Video “AXIS Serunya Budayaku”

  • Whatsapp

DENPASAR, beritalima.com | SMK TI Bali Global, Badung, Bali, sukses menjuarai kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku”. Atas keberhasilannya ini, para pelajar SMK TI Bali Global menerima hadiah utama senilai Rp 50 juta, yang telah diserahan Managemen XL Axiata di Denpasar, Sabtu (27/6/2020).

Mengusung tema budaya masyarakat Bali yang ramah dan suka tolong-menolong dengan mengambil latar belakang Bali sebagai tujuan wisata dunia, video karya para pelajar SMK TI Bali Global mampu menjadi yang terbaik di antara 526 karya video dari 250 sekolah yang mengikuti kompetisi ini.

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit, mengaku sangat senang atas besarnya antusiasme para peserta dalam kompetisi ini. “Hampir semuanya kreatif dan menunjukkan betapa mereka mampu memanfaatkan sarana teknologi digital untuk membuat konten-konten yang positif,” ujar Bambang sebagaimana yang dirilis, Minggu (28/6/2020) sore.

“Hal ini pula yang menjadi tujuan XL Axiata melalui AXIS menyelenggarakan program kompetisi ini, memberikan kesempatan kepada mereka mengasah potensi bakat dan kreatifitas guna mengangkat budaya dan kearifan lokal tempat mereka berada sebagai aset wisata,” lanjut Bambang.

Kompetisi ini diselenggarakan sejak September sampai November 2019, dan memilih 4 karya video terbaik sebagai juara utama dan 20 karya video favorit. Selain karya SMK TI Bali Global yang berjudul Budaya Tolong Menolong (https://www.youtube.com/watch?v=t8lmhqnMYI4), 3 sekolah yang juga terpilih sebagai Juara Utama adalah SMK Negeri 1 Klaten dengan karya berjudul Respatining Klaten (https://www.youtube.com/watch?v=65z-jHpG6iI), SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi berjudul Pencak Silat dan Seni Musik Sunda (https://www.youtube.com/watch?v=CMqE32WicV4), dan SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berjudul Warisan – Tari Sambut (https://www.youtube.com/watch?v=t8lmhqnMYI4).

Bambang menjelaskan, hadiah utama sebesar Rp 50 juta seharusnya berupa Pentas Seni di 4 sekolah pemenang Video Terbaik. Akan tetapi karena adanya pandemi COVID-19, hadiah diberikan dalam bentuk beasiswa/ fasilitas sekolah sesuai dengan permintaan dari pihak sekolah.

Khusus SMK Muhammadiyah 1 Sukabumi sudah diberikan dalam bentuk pentas seni pada Februari 2020 kemarin. Selain hadiah Utama, XL Axiata juga memberikan uang pembinaan senilai Rp 5 juta dan kamera vlog kepada peserta yang terpilih ke dalam 20 video favorit.

Sekolah-sekolah yang mengirimkan karyanya ke kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku” ini berasal dari hampir semua provinsi di Indonesia. Dari Sumatera ada sekolah-sekolah di Medan, Pekanbaru, Palembang, Padang, Bandar Lampung. Juga dari Jabodetabek, Bandung, Indramayu, Semarang, hingga Yogyakarta.

Selain itu dan juga kiriman karya dari Surabaya, Jember, Denpasar, Mataram, dan Makassar. Sebaran asal daerah peserta tersebut mencerminkan kekuatan kualitas jaringan data AXIS dan XL Axiata.

“Kami telah berencana untuk mengadakan kembali kompetisi seperti ini di masa mendatang agar lebih mendekatkan brand AXIS dalam menunjang kreatifitas siswa-siswi untuk melestarikan dan mempromosikan budaya daerahnya dengan kreatifitas dan cara yang lebih seru,” imbuh Bambang. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait