SMKN 4 Malang Kota Empat Kali Dapat Penghargaan Adiwiyata

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Di Auditorium Dr. Soedjarwo, Manggala Wanabakti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Ir. Siti Nurbaya, M.Sc, Jum’at (21/12/2018) menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional, yang ke 13 kalinya sejak pelaksanaan pertama tahun 2006 yang lalu. Sekolah yang mendapat penghargaan ini, sebanyak 3871 sekolah terdiri dari 727 Sekolah Adiwiyata Mandiri dan 3144 Sekolah Adiwiyata Nasional.

Salah satunya yang mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri adalah dari SMKN 4 Malang Kota, Jawa Timur. Namun menurut keterangan Drs. H. Wadib Su’udi, M.Si Kepala Sekolah SMKN 4 Malang mengakui telah mendapat empat mali penghargaan Adiwiyata, mulai sari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat nasional yakni Adiwiyata Nasional tahun 2016 dan tahun 2018 sekarang ini mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Dikatakan Wadib, berhasilnya SMKN 4 Malang mendapat penghargaan karena dianggap berhasil memberikan kesadaran bagi siswanya dalam program Adiwiyata untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Ada empat komponen dalam program Adiwiyata yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan,” tegasnya kepada beritalima.com.

Selain itu dijelaskan Wadib, memberikan sosialisasi kepada orang tua sampai ada tugas yang bisa diselesaikan oleh orang tua siswa, contohnya partisipasi orang tua membawa bunga ke sekolah, partisipasi warga sekolah membawa bunga ke sekolah, partisipasi guru memberikan pembelajaran lingkungan di sekolah.

“Contoh treatment air kotor menjadi bersih, membuat biopori di halaman sekolah yang tanahnya tergenang air. Lalu bila ada air yang berlimpah bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman. Semua dilaksanakan dalam melestarikan air,” jelasnya

Masih lanjut Kasek SMKN 4 Malang, bila ingin melestarikan lingkungan, menurutnya harus ada tanaman hias dan tanaman keras atau tanaman lindung yang bisa mengeluarkan oksigen. Kemudian tanaman untuk pengembangan dan pembiayaan serta perawatan tanaman yang hampir mati.

Masih diungkapkan Kasek SMKN 4 Malang, terhadap keberhasilan siswa siswinya dapat menciptakan kesadaran untuk mendukung penghargaan Adiwiyata. Menurutnya dimulai dari pembelajaran lingkungan hidup yang terintegrasi dengan mata pelajaran yang lain.

Lebih lanjut, siswa siswi SMKN 4 Malang yang berhasil mendukung untuk mendapatkan penghargaan dari sekolah, Wadib Su’udi menerangkan bahwa siswa siswi sekolah SMKN 4 Malang tersebut mendapat sertifikat penghargaan yang ditandatangani Kepala Sekolah SMKN 4 Malang sendiri dan diketahui oleh Badan Lingkungan Hidup Malang Kota.

Sekedar info, bahwa SMKN 4 Malang terdiri dari beberapa jurusan yaitu, Persiapan Grafika, Produksi Grafika, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, Teknik Komputer Jaringan. dedy mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *