Sorsel Juara Tahap 1 Lomba Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional Tahun 2017

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melaksanakan Visitasi lapangan terkait lomba Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional Tahun 2017 di Bantaran Kali Sembra Teminabuan Kamis (07/09/2017) kemarin.

Dalam kunjungan kali ini TIM Juri Lomba Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional Tahun 2017 yang terdiri dari Dr.Ir.Ing. Agus Maryono,Ir Judi Wigagdo,serta Ir Bambang Ratmoko bersama rombongan disambut Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dan Warga Teminabuan dengan tari tarian.

Turut hadir dalam acara ini Wadanramil Teminabuan Kapten Infantri Hadam T ,Asisten 2 Setda Sorsel Yonas Howay,SE, Asisten 3 Setda Sorsel Syaharudin ,SE Sejumlah Pimpinan OPD ,Anggota Forum Pecinta Sorong Selatan serta warga masyarakat disekitar bantaran Kali Sembra Teminabuan.

Kunjungan Tim Juri kali ini menindaklanjuti Penetapan Forum Pecinta Sungai Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat yang merupakan Komunitas Binaan Balai Wilayah Sungai Papua Barat sebagai pemenang pertama Tahap 1 pada aspek penyajian / pemaparan dalam lomba seleksi yang dilaksaanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat pada tanggal 17-21 Juli 2017 di Semarang Jawa Tengah
Dr.Ir.Ing. Agus Maryono saat ditemui media ini usai kegiatan menjelaskan hasil akhir dari upaya ini adalah dengan gerakan restorasi sungai diharapkan menjadi gerakan seluruh individu bangsa Indonesia untuk bersemangat dalam hidup ,bersemangat mencintai lingkungan,bersemangat mengelolah dan menjaga lingkungan ,dan mampu bekerja sama dengan semua elemen masyarakat.

“ Sejumlah penilaian yang menjadi point dalam Iven Ini adalah ,bagaimana struktur organisasinya ,personil personilnya kuat atau tidak, kegiatan nyata yang telah dilakukan,kemampuan finansialnya , bagaimana organisasi ini menyebarkan virus kebaikan bagi masyarakat,penghargaan yang pernah diperoleh ,dan kerjasama dengan pemerintah,serta bagaimana kerjasama dengan komunitas sungai yang lain.”Ungkap Dr Agus Maryono.

Selain itu dalam sambutanya Dr.Ir.Ing. Agus Maryono juga mengatakan kunjungan Tim juri ke kabupaten Sorong Selatan menindaklanjuti program yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yaitu lomba bersih komunitas pecinta sungai.Pihaknya melakukan kunjungan kelapangan.pada calon calon daerah unggulan yang menjadi Juara pada seleksi Tahap satu termasuk kabupaten Sorong Selatan
“Juara bukanlah merupakan tujuan akhir dari perlombaan ini,” menurutnya tujuan dari kegiatan ini adalah silahturahmi antara semua komunitas peduli sungai yang ada di Indonesia yang peduli kepada sungai agar sungai diseluruh Indonesia menjadi bersih.”imbuhnya
Melalui Visitasi lapangan kali ini akan dilakukan penilaian kembali dan selanjutnya akan diumumkan 3 pemenang dalam lomba ini dan pada tanggal 3 Desember 2017 bertepatan dengan hari Bhakti PU, ketiga nominasi terbaik akan dipanggil ke Jakarta untuk menerima penghargaan sebagai juara berdasarkan hasil akhir penilaian.

Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam wawancaranya mengatakan pihaknya berkewajiban menjaga lingkungan hidup dan menjaga sumber sumber air yang ada bersama forum pecinta sungai yang ada di sorsel dan elemen masyarakat baik ditingkat kampung maupun masyarakat distrik.

Selain itu Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama menjaga kelestarian air bersih sehingga air dapat memberikan kehidupan bagi semua masyarakat pihaknya pun akan mendukung program bersih sungai yang digalakan komunitas pecinta sungai Sorong Selatan dengan menganggarkan dana Dalam APBD pada Tahun 2018 mendatang sebesar 1 Milyar Rupiah.(Engel berto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *