Sosialisasi Mekanisme BLT dan Dana Desa Dihadiri Bupati

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Launching penyaluran ADD, PDRD, BKK, Sarpras Desa TA 2023 dilaksanakan di ruang Bung Tomo Gedung Pemkab Jombang, Jum’at (24/2/2023). Hadir seluruh kepala Desa se-Kabupaten Jombang dari 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang, sekaligus dilaksanakan Sosialisasi Mekanisme Penyaluran BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Pada Kesempatan itu, dihadiri Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab sekaligus membuka sosialisasi dan dihadiri juga Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kepala BAPPEDA Kabupaten Jombang, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai leading sektor.

Sosialisasi mekanisme penyaluran BLT Dana Desa dijelaskan Solahudin Hadi, M.Si selaku Kepala Dinas DPMD Kabupaten Jombang mengacu pada peraturan Bupati Jombang yang dihimpun.

Diantaranya adalah pengelolaan dan penetapan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Jombang tahun 2023. Juga disampaikan Kadis DPMD tentang pengelolaan dan penetapan bagian dari hasil pajak daerah dan retribusi daerah kepada desa di Kabupaten Jombang tahun 2023. Dan Juknis penggunaan Dana Desa di Kabupaten Jombang.

Dijelaskan Solahuddin, ADD dimaksudkan untuk membiayai program pemerintahan desa dalam melaksanakan penyelenggaraan oemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan serta untuk penanggulangan bencana, keadaan mendesak, dan keadaan darurat desa.

Tujuan ADD ungkap Kadis, meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan kualitas pelaksanaan pembangunan desa. Tujuan ADD juga meningkatkan pembinaan kemasyarakatan, meningkatkan kapasitas pemberdayaan masyarakat desa dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian pembangunan secara partisipatif sesuai dengan potensi desa.

Juga bertujuan memfasilitasi penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait