Sowan Ke Bupati Situbondo, Perempuan Tani Jatim Takjub Dengan Produksi Sorgum

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com | Seperti diketahui, Pemkab Situbondo kini getol mengembangkan tanaman sorgum. Dari 6.000 hektar lahan yang disiapkan, kini tanaman sorgum sudah menyebar di atas lahan 80 hektar.Selain bisa diolah menjadi sirup nira sorgum, beras sorgum juga cukup bagus dikonsumsi. Bukan hanya itu saja. Tanaman sorgum juga bisa diproduksi untuk pakan ternak berkualitas. Apalagi di musim kemarau ini, biasanya banyak peternak sapi yang kesulitan mendapatkan pakan ternaknya.


“Di sini, sorgum bisa menjadi solusi. Karena selain bisa memproduksi pakan ternak yang cenderung ekonomis, sorgum juga bisa hidup di lahan tandus sekalipun. Jadi ke depan, prospek tanaman sorgum ini cukup bagus,” kata Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto.
Langkah inovatif Bupati Situbondo tersebut diapresiasi banyak pihak, tak terkecuali DPP Perempuan Tani HKTI Jatim.


“Sangat keren sekali langkah inovasi pak Bupati karena menunjukkan diversifikasi pangan dan adanya alternatif pangan yang lebih sehat dan lebih terjangkau. Terlebih, Sorgum bisa digunakan sebagai substitusi nasi yang cocok bagi penderita diabetes maupun yang menjalani program diet. Sorgum juga dijelaskan sebagai pakan ternak yang sehat dan sangat produktif,” jelas Dr. Lia Istifhama (30/09) yang saat itu didampingi oleh Hj. Nurul Qomariyah dan Hj. Umiyati selaku pengurus DPP PTHKTI Jatim, serta Hj. Esyi Lussanti, aktivis sosial.


Sedangkan Sekda Kabupaten Situbondo, Syaifullah, menjelaskan bahwa Situbondo akan segera mendirikan Resto Sorgum sebagai pusat pakan ternak yang berkualitas tinggi.


“Sorgum sangat cocok bagi peternak sapi dan kambing. Hasilnya (hewan ternak) akan jauh lebih berkualitas jika menggunakan Sorgum”, jelasnya.(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait