SRO Pasar Modal Bantu Ambulans Laut Warga Kangean

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com | Self-Regulatory Organization (SRO) Pasar Modal Indonesia memberikan bantuan ambulans laut kepada Pemerintah Kabupaten Gresik, Jumat (22/4/2022).

Bantuan organisasi Pasar Modal Indonesia yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya memberi bantuan 4 unit ambulans laut kepada GUSDURian Peduli.

Bantuan-bantuan itu sebagai bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) dalam rangka memperingati 44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia atau HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia.

Bantuan ambulans laut lengkap dengan peralatan medis itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia yang juga sebagai Direktur KSEI Syafruddin kepada
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.

Penyerahan bantuan itu disaksikan Deputi Direktur Pengembangan Sistem Informasi Pasar Modal OJK Gustaf Rajagukguk, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 4 dan Perizinan, Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 4 Jawa Timur, Mohammad Eka Gonda Sukmana, Direktur Teknologi dan Manajemen Risiko BEI Fithri Hadi, Wakil Ketua HUT ke-44 sekaligus menjabat sebagai Direktur KPEI Iding Pardi dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr. Mukhibatul Husna.

Ambulans laut tersebut akan digunakan Pemerintah Kabupaten Gresik untuk mempermudah akses kesehatan masyarakat di Kepulauan Bawean. Pulau ini berlokasi sekitar 120 km sebelah utara Gresik. Dengan jumlah penduduk 84.842 jiwa, di kepulauan ini pada tahun 2021 kemarin angka kematian ibu meningkat 50% dibandingkan tahun 2020. Sedangkan jumlah kematian bayi di kepulauan ini selama 2 tahun terakhir mencapai 28 bayi.

Rujukan pasien hanya dapat dilakukan melalui penyeberangan laut menggunakan kapal penumpang. Kondisi semakin sulit jika ternyata rujukan perlu dilakukan segera karena harus menyesuaikan dengan jadwal kapal penyeberangan.

Ketersediaan ambulans laut menjadi solusi untuk mengatasi hambatan rujukan kondisi gawat darurat, terutama rujukan bagi ibu hamil dan bersalin.

“Seiring dengan makin meredanya Pandemi Covid-19 di Indonesia, CSR Pasar Modal kami arahkan dalam bentuk dukungan layanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan tidak saja untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, namun juga yang lebih umum dan berjangka lebih panjang,” kata Syafruddin.

“Pengadaan alat kesehatan, baik dalam bantuk ambulans darat maupun ambulans laut yang kita serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik ini kami harapkan dapat mendukung layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik dan menjangkau hingga ke pelosok termasuk juga bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan,” lanjut Syafruddin.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, ketersediaan ambulans laut menjadi solusi untuk mengatasi hambatan rujukan kondisi gawat darurat, terutama rujukan bagi ibu hamil dan bersalin.

“Kami berterimakasih kepada Pasar Modal Indonesia atas perhatian dan dukungannya terhadap masyarakat Kabupaten Gresik. Ambulans laut ini sangat bermanfaat, khususnya bagi masyarakat kami yang berada di Kepulauan Bawean, dimana kondisi lokasi yang sangat terbatas dengan sekitar 300 Kepala Keluarga,” ungkap Bupati.

Menanggapi penyerahan bantuan ambulans laut tersebut, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 4 dan Perizinan, Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 4 Jawa Timur, menyampaikan, “OJK bersama regulator Pasar Modal Indonesia lainnya bekerjasama dengan pemerintah untuk menanggulangi dampak dari COVID-19 supaya kita dapat recover together dan recover stronger. Hal ini sekaligus untuk meningkatkan penganggulangan kondisi masyarakat untuk kebutuhan medis, terutama masyarakat kepulauan.

“Selain memberikan bantuan, kami juga mengharapkan masyarakat di Jawa Timur juga dapat lebih mengenal Pasar Modal Indonesia karena tingkat literasi tentang pasar modal masih rendah dibandingkan industri perbankan, asuransi maupun perusahaan pembiayaan,” kata Mohammad Eka Gonda Sukmana.

Selain itu Eka juga menyampaikan pentingnya edukasi mengenai investasi supaya tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban investasi ilegal. (Gan)

Teks Foto: Serah terima bantuan ambulans laut dari SRO Pasar Modal untuk warga Kangean, Gresik, Jumat (22/4/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait