STIAMAK Update SEM dan PLS Pada Penelitian

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya melakukan update penggunaan Structural Equation Modelling (SEM) dan Partial Least Square (PLS) melalui Pelatihan Analisa SEM dan PLS, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber praktisi penelitian, digital analis dan ahli statistik Audi Permana SE, M.SM, CPMA, CHCM. Sementara pesertanya, para dosen dan pengurus STIAMAK Barunawati Surabaya.

“Pelatihan ini sangat bagus sebagai updata untuk penelitian teman-teman dosen. Lebih cepat dan praktis tapi memiliki akurasi lebih kuat,” kata Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr. Ir. Sumarzen Marzuki M.MT, saat pembukaan pelatihan.

Narasumber Audi lebih banyak menyampaikan cara-cara mengolah data, menguji data secara digital. Dilaksanakan dengan dua sesi. Pertama, memberikan pemahaman tentang SEM dan PLS. Sedangkan tahap kedua dilakukan latihan membaca hasil penelitian melalui data berikut menemukan hasilnya.

“SEM dan PLS sekarang ini banyak digunakan sebagai alat mengukur akurasi data dalam penelitian. Rumus dalam penulisan laporan juga beda. Misal tabel PLS tidak mau ada spasi atau kata di-bold,” kata Audi.

Peserta mengaku terbantu dengan pelatihan tersebut. “Pelatihan ini menjadi wawasan baru bagi para dosen STIAMAK yang mau meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian,” kata Kepala LPPM STIAMAK Barunawati Surabaya, Nur Widyawati, S.Si, SE, S.SM. (Gan)

Teks Foto: Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr. Ir. Sumarzen Marzuki M.MT, bersama Audi Permana SE M.SM, CPMA, CHCM dan para dosen serta pengurus, setelah update penggunaan SEM dan PLS melalui pelatihan analisa, Selasa (16/11/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait