STIKOM Uyelindo Kupang Buka Penmabar, Siswa Berprestasi Dibebaskan Biaya SKS Selama Satu Semester

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo Kupang membuka pendaftaran mahasiswa baru (Penmabar) tahun akademik 2023/2024.

Dimana target penerimaan mahasiswa baru tahun ini sebanyak 500 orang.

“Seperti perguruan tinggi lainnya, setiap tahun akademik STIKOM Uyelindo Kupang membuka penerimaan mahasiswa baru. Kita sistemnya genap ganjil. Jadi kalau penerimaan semester genap itu dari November 2022 sampai Februari 2023. Sedangkan yang sekarang adalah penerimaan ganjil itu dibuka dari 1 Maret s.d 2 Juli untuk gelombang pertama, dan gelombang kedua dibuka mulai 4 Juli sampai 20 Agustus 2023”, kata Ketua STIKOM Uyelindo Kupang Marinis I. J. Lamabelawa, S.Kom.,M.Cs, kepada wartawan media ini di Kupang, Selasa (30/5/2023).

Ia mengatakan, target penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 sebanyak 500 orang, baik mahasiswa baru maupun transfer. “Target penerimaan 500 orang ini karena pada Agustus 2023, gedung lantai 5, lantai 6 dan lantai 7 sudah selesai, sehingga mahasiswa baru bisa kita tampung yang diperkirakan 10 sampai 15 kelas”, kata Marinus Lamabelawa menambahkan.

Dari target 500 mahasiswa itu terdiri dari tiga jurusan, yaitu Program Studi Teknik (Prodi) Informatika (TI), Produk Sistem Informasi, dan Prodi Teknik Informatika D3.

“Kalau secara tren peminatannya, Prodi Teknik Informatika yang tinggi. Di mana rata-rata antara 200 sampai 300 mahasiswa baru, kemudian Prodi Sistem Informasi rata-rata 100 sampai 200”, ujarnya.

Sementara biaya pendaftaran, lanjut Marinus, selama tiga tahun tidak mengalami perubahan. Yaitu pendaftaran Rp300.000, kemudian biaya awal (biaya habis pakai) dikonversi ke biaya Ordik, Mabim, Pembinaan, Seragam, Pra Kuliah, Buku Pedoman sehingga total Rp2.570.000.

“Kalau mahasiswa baru berasal dari jurusan (SMK) yang berbasis TIK tidak ada Pra Kuliah, sehingga tidak membayar biaya Pra Kuliah Rp600.000”, jelas Marinus.

Selanjutnya, Marinus menjelaskan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur.

Pertama, jalur prestasi. “Kalau anak-anak SMA/SMK masuk juara 10 besar yang disertai bukti maka kita akan bebaskan biaya SKS selama satu semester, baik itu prestasi akademik maupun non akademik”, katanya.

Kemudian siswa prakerin yang pernah di STIKOM Uyelindo Kupang juga masuk prioritas. Yaitu potongan biaya pendaftaran, karena dianggap pernah di STIKOM.

Jalur kedua, adalah jalur normal. Yaitu mahasiswa yang daftar biasa, sehingga pembebanan biaya full.

Kemudian jalur ketiga, tambah Marinus, jalur khusus untuk putra-putri Yayasan. “Itu biasanya beasiswa dari Yayasan. Yang mana pembebanan biaya dikurangi”, kata dia menambahkan.

Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, semuanya harus melalui tes online. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait