STIKOM Uyelindo Kupang Kirim 17 Mahasiswa Magang MKBM di UGM, ITS dan Udayana

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – STIKOM Uyelindo Kupang mengirim sebanyak 17 mahasiswa untuk magang dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, ITS Surabaya, Universitas Udayana Bali, dan ITB.

17 orang mahasiswa itu dari dua program studi, yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Dari jumlah 17 orang yang melakukan magang diantaranya empat orang melakukan Magang Sit pada Fakultas MIPA Program Studi Sarjana Ilmu Komputer UGM Yogyakarta, lima orang di ITS Surabaya, lima orang magang pada Prodi Informatika Universitas Udayana, serta tiga orang di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hal tersebut disampaikan Ketua STIKOM Uyelindo Kupang Marinus I. J. Lamabelawa, S.Kom., M.Cs., saat melepas secara simbolis mahasiswa peserta MKBM tahun 2023 di lantai V Gedung Kampus STIKOM Uyelindo Kupang, Senin (30/10/2023).

Program MBKM ini tujuannya adalah menambah pengetahuan para mahasiswa di bidang keilmuan, kewirausahaan, dan mengetahui siklus pendidikan di kampus tersebut.

Pada kesempatan itu, Marinus meminta para mahasiswa tertib waktu selama melaksanakan magang dan menjaga nama baik STIKOM Uyelindo Kupang.

Dijelaskan Marinus Lamabelawa, 14 mahasiswa yang magang di UGM, ITS Surabaya dan Udayana menggunakan dana hibah melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Dikti Kemendikbud dan Ristek.

Sedangkan tiga orang mahasiswa yang ke ITB menggunakan dana full dari Dikti. Mereka akan magang selama satu semester di ITB.

“Para mahasiswa yang magang di UGM, mereka masuk ke laboratorium-laboratorium untuk menimba ilmu bagaimana siklus kegiatan di sana. Sedangkan yang magang di ITS Surabaya, mereka akan masuk ke sentra-sentra wirausaha, begitu juga yang magang di Udayana. Mereka magang di tiga kampus itu selama satu bulan”, kata Marinus Lamabelawa menambahkan.

Selama satu bulan magang di tiga kampus, kata Marinus, biaya hidup dan transportasi ditanggung Dikti, kecuali biaya penginapan ditanggung oleh masing-masing mahasiswa.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini tentunya mendorong mutu dari pendidikan tinggi sebagai salah satu partisipasi kita dalam program MBKM. Dan yang terpenting bagi mahasiswa adalah mereka bisa menimba pengalaman di luar kampus.

Sementara itu, Petrus Katemba, menambahkan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk STIKOM Uyelindo Kupang dalam program Kompetensi Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2023 sebesar Rp190.958.000 dibagi ke beberapa kegiatan yaitu di ITS Surabaya Rp46.630.000, UGM Rp40.960.000, Udayana Rp39.380.000.

Sedangkan dana sisanya akan digunakan untuk kegiatan FGD 1 dan FGD 2 pada November 2023 di Kupang. Dimana dalam kegiatan FGD tersebut akan mendatangkan narasumber dari UGM dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait