Sumber Ilmu di Kolong Jalan Layang

  • Whatsapp

beritalima.com – Pada tahun 2016 berdirilah Taman Baca Kolong yang terletak di kolong jalan layang Ciputat, tepat di depan Pasar Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat yang sebelumnya hanya sebatas pos Satpol PP ini disulap menjadi salah satu tempat sumber ilmu gratis.
Salah satu ciri orang sukses adalah suka membaca dan bersahabat dengan buku-buku. Dengan cara membuka sarana membaca gratis salah satunya di tempat ini, Taman Baca yang berada di kolong jalan layang ini adalah gudangnya ilmu gratis karena siapapun bisa datang untuk mengisi waktu luang.

Taman Baca Kolong ini memiliki ruang bermain dipenuhi dengan rak kayu yang berisi buku-buku, suasana menjelang sore hari pun tepat sekali menjadi waktu dimana anak-anak kecil yang tidak jauh tempat tinggalnya dari Pasar Ciputat bermain menghabiskan waktu sorenya.

Apakah kalian setuju jika kolong jalan layang dimanfaatkan sebagai sarana yang baik untuk masyarakat sekitar? Salah satunya seperti Taman Baca Kolong ini. Seperti yang dikatakan oleh Ibu Dewi sebagai relawan Taman Baca Kolong, “Ya saya lebih senang tempat dijadikan seperti ini, tadinya banyak anak brandalan nongkrong di sini.”

Tidak hanya anak-anak yang menghabiskan waktu bermainnya di taman baca ini, beberapa petugas kebersihan terlihat beristirahat di pos Taman Baca, ada juga yang hanya duduk-duduk di Taman, seperti yang dikatakan Ibu Dewi “kalau Pagi petugas kebersihan yang bersih2, Pak RT juga suka nyiramin tanaman di taman sini. Abis itu pada istirahat di saung.” Taman Baca Kolong ini dikelilingi oleh tanaman hias, saung, dan juga area bermain untuk anak-anak, tak hanya rak kayu yang berisi buku-buku untuk siapa saja yang mau membacanya.

Itulah yang membuat saya tertarik mengunjungi tempat ini, salah satu cara membudayakan membaca dan meningkatkan minat baca untuk anak-anak yang ada di wilayah tersebut maupun masyarakat lainnya.

Penulis: Natasha Fira Antaris/Politeknik Negeri Jakarta

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *