Sungai Jompo Meluap, Rumah Bupati Jember Terendam Banjir

  • Whatsapp
Rumah Bupati Jember terendam banjir (beritalima.com/istimewa)
Rumah Bupati Jember terendam banjir (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Sungai Jompo meluap, rumah Bupati Jember H. Hendy Siswanto terendam banjir.

Rumah Bupati yang terletak di Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, berdampingan dengan sungai jompo.

Bacaan Lainnya

Tak hanya rumah Bupati, rumah warga sekitar juga terendam banjir, akibat curah hujan tinggi dan tidak bisa ditampung oleh sungai jompo.

Atas kejadian itu, sejumlah petugas dari BPBD, TNI, Polri, Damkar, PLN, Muspika, Tiga pilar kelurahan setempat dan PMI Jember melakukan assesment dan sterilasi, Rabu sore (28/12/2022).

Bidang Penanggulangan Bencana dan SDM Markas PMI Jember, Gigih Priyambodo mengatakan, hujan di Jember terjadi siang hingga malam hari.

“Hujan terjadi sejak pukul 14.30 WIB, yang menyebabkan beberapa aliran sungai di wilayah Jember mengalami peningkatan volume,“ katanya.

Pada pukul 16.00 WIB air meluap dan memasuki wilayah pemukiman warga. Ketinggian rata-rata air yang masuk ke rumah warga saat kejadian kurang lebih 160 centimeter.

“Air dengan ketinggian 75 hingga 100 centimeter mulai menyusut pada pukul 18.20 WIB. Saat kejadian, warga mulai melakukan upaya evakuasi mandiri,” ujarnya.

Hasil assesmen, terdapat 1 rumah atas nama  Hariyono yang berlubang, karena hantaman air sungai. Terdapat juga seorang nenek Absah harus di evakuasi ke rumah cucunya.

Selain rumah Bupati, ada sekitar 78 rumah di wilayah sekitar yang terdampak banjir. Petugas dari PMI dan BPBD berusaha mengatasi banjir luapan sungai jompo.

“Salah satunya, dengan ikut menguras air yang masuk ke kediaman Bupati Jember dan rumah warga,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait