Suryadi: Fraksi PKS Minta KemenPUPR Segera Perbaiki RSKI Pulau Galang

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Fasilitas perawatan pasien Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) rusak akibat dihantam angin puting beliung, Rabu (16/9) sekitar pukul 02.30 WIB.

Sedikitnya, empat ruang perawatan RSKI yang penggunaannya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa bulan lalu mengalami kerusakan cukup parah akibat kebocoran yang terjadi pada ruangan karantina 240. Akibatnya, ruangan tersebut tidak dapat digunakan dan pasien yang dirawat di ruangan itu terpaksa dipindahkan ke ruangan lain.

Menurut informasi, kata anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Suryadi Jaya Purnama kepada Beritalima.com, Kamis (17/9) malam, kerusakan pada fasilitas tersebut disebabkan posisi bangunan yang berhadapan dengan alam terbuka, sehingga angin langsung menerjang bangunan tanpa ada penghalang.

Ya, seperti diketahui RSKI Covid-19 Pulau Galang mulai dibangun 8 Maret 2020 dan resmi dioperasikan 6 April 2020. Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi persiapan apabila kasus wabah pandemi Covid-19 semakin meningkat seperti rumah sakit darurat di Wuhan, China.

Waktu itu, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menunjuk PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai pelaksana konstruksi dengan anggaran mencapai Rp 400 miliar. Dengan anggaran sebesar tersebut sangat disayangkan jika fasilitas yang ada ternyata mudah rusak.

Beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kerusakan ini adalah akibat bahan dan pengerjaan yang tidak sesuai standard atau desain dan perencanaan yang tidak matang sehingga tidak sesuai dengan kondisi lingkungan.

Atas kejadian ini Fraksi PKS meminta KemenPUPR segera menginvestigasi agar segera diketahui tingkat kerusakannya dan apakah kerusakannya tersebut berhubungan dengan perencanaan atau pengerjaannya yang kurang baik.

Fraksi PKS juga berharap fasilitas yang rusak segera diperbaiki agar dapat digunakan kembali untuk merawat pasien Covid19 dan meminta dilakukan penyesuaian dengan kondisi lingkungan sebagai antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, mengingat jumlah kasus Covid-19 dan tingkat keterpakaian ICU terus meningkat hari demi hari sehingga dikhawatirkan suatu saat fasilitas RSKI Pulau Galang tersebut akan benar-benar dibutuhkan pada kapasitas penuh. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait