Suryadi: Fraksi PKS Minta KNKT dan Kepolosian Investigasi Kebakaran Grace V di Mahakam

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI mendorong Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama dengan jajaran kepolisian segera melakukan investigasi kapal tenker Grace V di kawasan perairan sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/2).

Sesuai Pasal 8 Peraturan Pemerintah (PP) No: 62/2013 tentang Investigasi Kecelakaan Transportasi, jelas anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS, H Suryadi Jaya Purnama ST dalam keterangan tertulis yang diterima Beritalima.com, Minggu (14/2) menyebutkan, peristiwa kapal terbakar merupakan jenis kecelakaan yang wajib di investigasi KNKT.

Seperti diberitakan, Kamis (11/2) sekitar pukul 14.40 Waktu Indonesia Tengah Wita (Wita) kapala tenker Grace V mengalami kebakaran di tepian galangan galangan PT Barokah Perkasa di kawasan perairan Sungai Mahakam.

Kapal milik PT Barokah Perkasa tersebut, kata wakil rakyat dari Dapil II Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berada di lokasi karena baru saja selesai diperbaiki di galangan kapal PT Barokah.

Sehari setelah kejadian, lanjut Suryadi, ditemukan tiga jasad yang diduga merupakan korban meledaknya kapal tanker tersebut setelah sebelumnya tiga pekerja dilaporkan hilang.

Namun, jelas wakil rakyat yang membidangi transportasi dan infrastruktur tersebut, perwakilan perusahaan PT Barokah Perkasa membantah ketiga korban ini karyawannya, karena sebelum kejadian kapal meledak dan terbakar memang sudah ada laporan warga yang hilang di perairan Sungai Mahakam di dekat lokasi kejadian kapal terbakar.

Karena itu, pihak Kepolisian juga harus melakukan investigasi bersama dengan KNKT untuk menyelidiki apakah ada indikasi kelalaian dalam peristiwa tersebut.

Apalagi peristiwa tersebut menimbulkan korban jiwa dari masyarakat sekitar dan berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan di Sungai Mahakam, mengingat air Sungai Mahakam merupakan sumber pasokan utama air bersih di wilayah Samarinda dan sekitarnya.

Jika ditemukan adanya indikasi kelalaian dan berdampak terhadap warga sekitar, perusahaan harus bertanggungjawab atas hal yang ditimbulkan akibat peristiwa tersebut.

Selain itu, lanjut Suryadi, Fraksi PKS DPR RI berharap agar Pemerintah memperketat pengawasan di sektor transportasi terhadap seluruh aktivitas perkapalan dan meningkatkan standard keamanan dan keselamatan kapal agar kejadian serupa tidak terulang kembali. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait