Tabur Benih Ikan di Sungai, Diharap Diikuti Desa Lain di Jember

  • Whatsapp
Forkopimda Jember tabur benih ikan di salah satu sungai di Kalisat (beritalima.com/sugik)
Forkopimda Jember tabur benih ikan di salah satu sungai di Kalisat (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Menabur benih ikan yang dilakukan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember, diharapkan bisa ditiru desa lain.

Tabur benih ikan yang dilaksanakan di Kalisat ini, diprakarsai oleh Dandim 0824 Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, Jumat (9/6/2023).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dirinya ingin menabur kebaikan demi terciptanya sungai yang bersih. “Ini terinspirasi kehidupan saya di kampung,” akunya.

Dirinya berharap, Mudah-mudahan kegiatan ini membuat orang tidak sembarangan membuang sampah dan kotoran ke sungai.

“Kita maunya bukan cuma di Kecamatan Kalisat saja, tapi di seluruh Kecamatan di Kabupaten Jember. Sehingga bisa dijadikan pilot project seluruh indonesia,” ungkap Cahyo.

Dirinya menyebut, ada sekitar 15 ribu benih ikan dari berbagai jenis yang dilepas kali ini. Semiga kedepan, sungai bisa dijadikan destinasi wisata.

“Sehingga masyarakat desa beraktivitas dengan produktif dan perekonomian bisa meningkat,” ungkapnya.

Sedangkan, Wakil Bupati Jember KH. Muhammad Hanya Firjaun Barlaman menyampaikan, tabur benih ikan ini adalah langkah yang positif.

“Kami berharap kegiatan ini ditiru seluruh desa di Kabupaten Jember, sehingga alam ini bisa menghasilkan sesuatu,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Firjaun.

Menurutnya, selain dapat dikonsumsi oleh masyarakat, hasil pengolahan ikan juga bisa untuk menaikkan ekonomi dan memperbaiki nutrisi kesehatan. Khususnya ibu hamil dan anak yang stunting.

Oleh karena itu, agar alam tetap terjaga dibutuhkan kerjasama agar masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama fasilitas umum seperti sungai.

“Janganlah sungai dibuat buang sampah atau hal lain yang tidak membawa manfaat. Jika dimanage dengan baik, sampah bisa menjadi duit,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait