Tahun Depan Jatim Siapkan Festival Madura Raya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Guna meningkatkan kunjungan wisata, tahun depan Jawa Timur menyiapkan Festival Madura Raya untuk mengeksplor budaya dan pariwisata di Pulau Madura.

“Bulan ini Event Madura Raya akan kami diskusikan dengan 4 kabupaten di Madura, untuk membuat atraksi-atraksi wisata basis budaya karena banyak potensi yang bisa diekspos,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Sinarto

Dia menjelaskan potensi Madura yang akan ditonjolkan adalah wisata bahari mengingat pulau ini memiliki laut yang sangat bagus, termasuk atraksi budaya seperti Karapan Sapi, dan berbagai tari-tarian dan pertunjukan lainnya.

“Saat ini kami sedang pilih-pilih apa saja yang bisa ditonjolkan, bahkan seperti kesenian dan batik Madura yang khas juga cukup menonjol,” katanya.

Selain di Madura, Disbudpar Jatim juga mengeksplor kegiatan budaya di wilayah Selingkar Wilis yakni seperti Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo akan ditingkatkan jumlah atraksi-atraksinya termasuk tata kelolanya, lantaran wilayah Ponorogo memiliki atraksi budaya Reog Ponorogo yang cukup besar.

“Kita punya event besar seperti Reog Ponorogo tapi memang tata kelolanya belum maksimal. Namun sekarang sudah ada potensi jalur Pansela (pantai selatan) yang mempermudah akes perjalanan dari Yogyakarta, nah itu bisa kita kembangkan misalnya ada Tour De Selingkar Wilis,” imbuhnya.

Bedasarkan data Badan Pusat Statistik Jatim, kunjungan wisman ke Jatim sepanjang Januari-Oktober 2019 mencapai 206.524 kunjungan atau turun 21,75% dibandingkan periode sama 2018 yang mencapai 263.928 kunjungan.

“Pada Oktober 2019 saja kunjungannya hanya mencapai 21.152 kunjungan atau turun 18,45% dibandingkan Oktober 2018 yang bisa mencapai 25.938 kunjungan. (hjr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *