Tajemtra Siap Digelar, Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Jember

  • Whatsapp
Dokumentasi pelaksanaan Tajemtra (beritalima.com/istimewa)
Dokumentasi pelaksanaan Tajemtra (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Pemerintah Kabupaten Jember kembali akan menggelar Gerak Jalan Tanggul – Jember Tradisional (Tajemtra) tahun 2022.

Namun kali ini berbeda, pelaksanaan yang biasanya pada bulan Agustus, tapi kali ini Tajemtra akan digelar sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Jember 17 Desember 2022.

Bacaan Lainnya

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, digesernya jadwal Tajemtra pada tahun 2022 ini, tidak akan mengurangi makna Tajemtra sebagai agenda tahunan bulan Agustus untuk mengenang jasa para pahlawan.

Justru Tajemtra di bulan Desember, sebagai agenda untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Jember yang akan jatuh pada tanggal 1 Januari.

“Mulai tahun ini diacarakan setiap bulan Desember. Tajemtra kami masukan ke rangkaian acara hari ulang tahun Jember,” kata Hendy, Kamis (24/11/2022).

Tajemtra semula merupakan acara tahunan khas Jember yang digelar setiap Agustus dalam rangka memeriahkan Kemerdakaan Indonesia. Tajemtra telah diadakan sejak tahun 1975.

Jarak tempuh 30 kilometer itu, panitia pelaksana juga menyiapkan sejumlah pos peristirahatan. Pos-pos itu terletak di beberapa kecamatan sepanjang rute perjalanan.

Dalam rangka memotivasi masyarakat Jember, untuk event gerak jalan tradisional berjarak 30 kilometer itu, Pemkab Jember menyiapkan total hadiah bernilai total Rp 200 juta, yang dibagikan dalam bentuk barang. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait