Tani Buat Alat Pengusir Hama Padi Secara Tradisional

  • Whatsapp

GAYO LUES,Beritalima – Babinsa Koramil 05/ Pining Kodim 0113/Gayo Lues, bersama petugas PPL dan kelompok tani, secara bergotong royong membuat sarana/alat pengusir hama padi secara tradisional (sejenis orang – orangan) di Desa Pintu Rime Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues, (14/03/17).

Pembuatan sarana tersebut, sebagai alat pengganti manusia yang sebenarnya untuk menghalau tikus dan jenis unggas – unggas lainnya, dengan cara menarik – narik meggunakan tali yang telah diikatkan dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Sehingga diharapkan fungsi utama dari sarana/alat yang telah ditempatkan dilahan persawahan kelompok tani dapat mencegah, mengusir dan menghalau gangguan hama pada tanaman padi yang akan dipanen.

Dengan begitu, hasil panen yang diharapkan oleh para petani tidak menurun secara drastis, dengan cara bekerja sama membuat sarana yg cukup sederhana dan tradisional dengan hasil yang sangat bermanfaat dirasakan oleh para petani.

Kelompok tani yang berada di Desa Pintu Rime sangat berterimakasih atas peran Babinsa dan PPL dengan dibuatkannya sarana orang – orangan tersebut sehingga sangat membantu petani untuk menghalau unggas dari jarak jauh,’’(Aa79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *