Tanpa Repot BI Jatim Bagikan Ribuan Daging Qurban Dalam Sehari

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H pada Jumat (31/7/2020) kemarin, Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Jawa Timur berqurban 10 ekor sapi dan 21 ekor kambing. Seluruh  hewan qurban tersebut telah disembelih dan dibagikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, utamanya di Surabaya, Gresik, dan Lamongan.

Kepala BI KPw Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, mengutarakan, Bank Indonesia memiliki kepekaan sosial terhadap kondisi masyarakat yang terdampak Covid-19. Apalagi Jawa Timur hingga saat ini masih menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kasus terkonfirmasi terbanyak di Indonesia.

Masih tingginya jumlah kasus tersebut, tutur Difi, mempengaruhi aktivitas masyarakat yang terdampak Covid-19, baik secara sosial dan ekonomi. Karena itu, kegiatan penyembelihan qurban dan pembagian daging qurban tahun ini BI laksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sampai saat ini Jawa Timur masih mengalami peningkatan jumlah kasus tertinggi. Daerah penyumbang kasus Covid-19 ini di Surabaya, Gresik, dan Lamongan. Karena itu, ini menjadi fokus kami untuk menjadikan lokasi-lokasi ini sebagai penerima manfaat program qurban Bank Indonesia,” tandas Difi di lokasi penyembelehan hewan qurban di Benowo, Surabaya, Jumat (31/7/2020).

Dalam kegiatan sosial keagamaan ini BI KPw Jatim bekerjasama dengan Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur. Ketua Global Qurban – ACT Regional Jawa Timur, Ponco Sri Ariyanto, yang juga hadir di lokasi penyembelehan hewan qurban mengatakan, kerjasama dengan BI Jatim ini merupakan kerjasama lanjutan.

“Setelah Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa bantuan paket pangan untuk masyarakat prasejahtera terdampak Covid-19, sekarang bersama BI Jatim kita salurkan daging qurban, agar masyarakat yang terdampak juga dapat ikut merayakan Idul Adha meskipun dalam kondisi pandemi seperti ini,” ujar Ponco.

Ponco menjelaskan, untuk program qurban kerjasama BI Jatim dengan ACT Jatim ini target sasaran utamanya masyarakat prasejahtera di Kampung Tempe, Tenggilis Lama, Surabaya, kemudian masyarakat kampung di sekitar perumahan dinas dan Kantor BI di Desa Balontunjung, Benjeng, Gresik, dan di Pondok Pesantren SPMAA Turi, Lamongan. 

Disebutkan, ACT sebagai organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja kemanusiaan siap melanjutkan amanah ini, dan akan melaporkan hasil kerja beserta dokumentasinya pada BI Jatim selaku pemberi amanah. Ditambahkan, sejak didirikan tahun 2011, ACT Jatim yang memiliki relawan hampir di seluruh wilayah di Jatim sudah cukup berpengalaman dalam hal penyaluran bantuan seperti ini. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BI KPw Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, secara simbolis memberikan amanah berupa daging hewan qurban untuk masyarakat terdampak Covid-19. Amanah diterima Ketua ACT Jatim, Ponco Sri Ariyanto, di lokasi penyembelehan hewan qurban di Benowo, Surabaya, Jumat (31/7/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait