Targetkan 2019 Merdeka Sinyal, Bupati Usulkan Pembangunan TIK Desa

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Pemerintah kabupaten Situbondo menargetkan tahun 2019 Merdeka Sinyal, semua desa di kabupaten Situbondo sudah terkoneksi internet terintegrasi ke server utama di Kominfo yang dihimpun dari server di Kecamatan. Kamis (10/01/2019)

Dadang Aries Bintoro SSos MSi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Situbondo kepada wartawan menjelaskan dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Situbondo Smart Society salah satunya adalah pembangunan tower koneksi intranet disemua desa untuk menunjang sistem data di Desa yang terintegritas berbasis online

“Hingga Saat ini Situbondo masih gencar melaksanakan program Smart Society salah satunya adalah pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) desa, karena di Situbondo masih banyak desa termasuk Blank spot atau daerah tidak mendapatkan Sinyal,”Ujar Kadis Dadang Aris Bintoro.

Untuk menunjang program tersebut menurutnya Pemerintah Kabupaten Situbondo tahun 2018 melalui Bakti mengusulkan pembangunan 10 BTS ke kementrian Kominfo, dengan harapan ke 10 BTS tersebut dibangun pada tahun 2019.

“Kita optimis ditahun 2019 ini dibangun di Situbondo karena pemerintah pusat melalui kementrian Kominfo berjanji pada tahun 2020 seluruh wilayah Indonesia Merdeka Sinyal dimana Situbondo dipulau Jawa ini masuk sebagai prioritas Kabupaten merdeka sinyal,”Harapnya optimis.

Selanjutnya, Bupati sendiri telah memerintahkan Setiap desa atas sepengetahuan kementrian desa dengan acuan peraturan Kemendes, bahwa pembangunan TIK desa dimungkinkan menggunakan Anggaran Dana Desa,”Hal tersebut tentunya melalui musyawarah tingkat desa terlebih dahulu, termasuk pembangunan pembangunan Tower sederhana,”Jelasnya.

Tujuan pembangunan TIK desa sendiri untuk menunjang sistem pelaporan dalam bentuk online sehingga mempermudah akses desa ke Kabupaten,”Nantinya TIK tiap desa tersebut akan terkoneksi langsung ke Kominfo Kabupaten, sehingga dengan pembangunan TIK atau tower Situbondo tahun 2019, Situbondo Merdeka Sinyal,”Terangnya.

Data dari Kominfo kabupaten Situbondo saat ini ada sekitar 25 desa terkoneksi internet melalui kecamatan, sedangkan Situbondo memiliki Blank spot diberbagai titik wilayah kecamatan, seperti kecamatan Banyuglugur, Sumbermalang, Mlandingan, Suboh, Arjasa, Asembagus hingga Banyuputih. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *