beritalima.com

Targetkan Nilai A Untuk SAKIP, Sekda Trenggalek Ingatkan Pentingnya Ketepatan Rencana Kerja

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com

Targetkan mampu meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan kategori sangat baik atau A, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek serius beri pembinaan seluruh jajaran dilingkup otoritasnya. Salah satunya dengan pembinaan terstruktur melalui penguatan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP). Yang merupakan wujud pertanggungjawaban pejabat publik kepada masyarakat tentang kinerja lembaga pemerintah selama satu tahun anggaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Trenggalek, Joko Irianto saat membuka kegiatan terkait penyusunan LKjIP
di Hall Prigi, Hotel Bukit Jaas Permai pada Rabu (27/1/2021) secara jelas menyampaikan tekad pemerintah dalam upaya meraih target nilai SAKIP ini. Sekaligus dirinya mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berkomitmen bersama guna mewujudkan hal tersebut.

“Pemkab Trenggalek bertekad meraih nilai A untuk SAKIP, setelah sebelumnya berhasil mempertahankan nilai BB pada tahun anggaran sebelumnya,” ungkap Sekda.

Menurutnya (Sekda Trenggalek), SAKIP ini sangat penting sebab bisa digunakan sebagai parameter untuk melihat sejauh mana akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Sehingga dari sini nanti akan terlihat bagaimana kinerja para aparatur secara jelas dan terukur. Maka, OPD harus mau serius meningkatkan SAKIP di lingkup perangkat daerah masing-masing.

beritalima.com

“Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam rapat staf yang dilakukan sebelumnya,” imbuhnya.

Ditambahkan Joko, pada arahan bupati sebelumnya ada 7 poin penting yang ditekankan dan salah satunya adalah peningkatan nilai SAKIP.

“Kekurangan tinggal sejengkal, mari kita kejar bersama,” tandas mantan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek tersebut.

Dalam penguatan ini, Joko Irianto juga menyinggung mengenai pentingnya perencanaan yang tepat serta sinergitas antar perangkat pada masing-masing OPD sehingga implementasi kinerja dapat berjalan dengan baik. Sedangkan untuk LKjIP sendiri pun merupakan komponen yang sangat penting guna mendukung kenaikan SAKIP.
Diharapkan kepada semua OPD dapat memahami materi yang diberikan narasumber, ” Sehingga dalam penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) nantinya tidak ada kesalahan. Dengan perbaikan-perbaikan ini kita harapkan bisa mendukung nilai SAKIP kita menjadi A,” pungkasnya. (her)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait