Tari Solah Mediunan Tampil di Anjungan Jawa Timur TMII, Penonton Terpukau

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun kembali memukau di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta melalui seni-budaya. Momentum itu semakin spesial karena bertepatan dengan masa uji coba pembukaan kembali TMII dengan wajah baru.

Sejumlah tarian mengemuka. Yakni, Tari Beksan Parisuko, Tari Solah Mediunan, hingga fragmen tari Babad Madiun. Tak heran, seni pertunjukkan asal Kota Madiun itu mendapat apresiasi dari sejumlah penikmat, saat tampil di TMII.

‘’Ini kesempatan luar biasa ya. Kita mendapat kesempatan untuk tampil di sini disaat awal-awal buka kembali untuk umum,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi, Minggu 20 November 2022.

Walikota mengatakan, hasil kreatifitas pelaku seni di Kota Madiun tak kalah dengan yang lain. Menarik namun tidak meninggalkan kearifan lokal. Berbagai unsur khas Kota Madiun dimasukkan. Seperti tari Solah Mediunan yang terdapat gerakan silat khas Madiun. Hal itu bisa menjadi sarana promosi yang baik. Apalagi, disuguhkan di Anjungan Jawa Timur TMII yang telah dibuka kembali setelah make over.

Tak heran, banyak pengunjung yang melihat. Selain itu, juga ditayangkan secara live di kanal youtube Anjungan Jawa Timur.

‘’Kita punya seni budaya yang hebat. Harus selalu dipromosikan biar orang tahu. Ini kesempatan kita untuk semakin mengenalkan apa yang kita punya ke masyarakat luar,’’ ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Maidi juga meluncurkan sebuah buku yang berjudul Belanja Masalah Mengubah Wajah Kota Madiun. Buku hasil pemikirannya itu diberikan kepada Kepala Anjungan Jawa Timur, Ketua Paguyuban Masyarakat Madiun (Paguma) Jakarta, dan Ketua DPRD Kota Madiun.

Sementara itu, walikota juga mendapat piala dan plakat dari Kepala Anjungan Jawa Timur sebagai apresiasi keikutsertaan Kota Madiun dalam pertunjukkan seni-budaya di TMII.

Kepala Anjungan Jawa Timur, Sutarno, menuturkan, hasil kreatifitas seniman Kota Madiun bisa menjadi seni pertunjukkan segar serta pengobat rasa rindu. Sebab, kegiatan serupa memang terhenti sementara.

Untuk diketahui, semua kegiatan nyaris terhenti karena pandemi Covid-19. Selain itu, di TMII juga dilakukan pembangunan. Namun saat ini TMII sudah dibuka kembali secara terbatas. Pembukaan secara penuh baru bakal dilaksanakan Januari 2023 nanti. Sebelum masa pandemi, Kota Madiun juga pernah tampil di tempat tersebut.

‘’Ini bisa menjadi pertunjukkan segar dan pengobat rindu warga Kota Madiun di sini. Selamat menikmati,’’ tuturnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kiri) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait