Tata Cara Buka Puasa yang Sehat agar Tubuh tetap Kuat

  • Whatsapp

Allah SWT menganjurkan umat-Nya untuk berpuasa bukan tanpa sebab. Di era modern seperti sekarang, banyak ilmuwan yang telah berhasil mengungkap keajaiban di balik ibadah puasa yang dilakukan umat Muslim. Salah satunya, penelitian yang dilakukan oleh dr. Haluk Nubaki dari Turki. Beliau menemukan hasil bahwa kelaparan yang dirasakan ketika berpuasa berbeda dengan kelaparan ketika tak berpuasa. Niat yang kita panjatkan saat sahur adalah kuncinya.

Kunci Puasa Adalah Niat

Ketika kita berniat berpuasa karena Allah, dengan ajaibnya lambung kita tidak memproduksi asam yang berlebih saat berpuasa. Sangat berbeda hal nya ketika tidak puasa bukan? Dimana ketika kita merasa lapar, asam lambung akan meningkat dan menyebakan berbagai penyakit di perut.

Dengan segala kebaikan puasa, bukan berarti kita bisa memasukkan makanana apa saja ketika berbuka. Meskipun lambung memproduksi sedikit asam lambung, akan tetapi lambung yang kosong bila langsung diisi dengan sembarang makanan pasti akan membahayakan lambung anda.

Berbukalah dengan minum terlebih dulu

Oleh karena itu, saat berbuka puasa hendaknya membatalkan terlebih dahulu dengan minuman atau makanan yang seimbang. Anda dapat mencona teh, kurma, buah, atau air kelapa yang dapat meningkatkan energi anda setelah seharian berpuasa.

Karena jika anda memakan makanan yang banyak mengandung lemak dan karbo justru akan membuat anda lemas dan mengantuk.

Makan berat setelah sholat maghrib

Makan makanan yang berat setelah solat magrib. Anda tetap harus memperhatikan menu yang disantap, setidaknya pilih makanan yang mengandung banyak serat, vitamin dan karbohidrat kompleks agar lambung tidak kaget karena harus bekerja berat  setelah seharian istirahat. Dengan menjaga pola makan dan memperhatikan cara berbuka puasa yang sehat, semoga anda dapat mengerjakan ibadah wajib umat Islam ini dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan lancar.

Itulah berbagai kunci sukses dalam berbuasa dan buka puasa. Semoga kamu semua telah menjalankanya. Kalau belum, mari mulai sekarang kita jalankan semua kebiasaan baik itu. Semoga bermanfaat. [tq]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *