Tempat Suci di Kerumunan Lapak Pedagang

  • Whatsapp

Pasar kemiri merupakan pasar induknya Kota Depok, pasar yang terletak di Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji ini berada di antara gedung pusat perbelanjaan modern, namun pasar ini tidak pernah sepi akan pelanggannya. Dan memiliki banyak kisah dan keunikan.

Dibalik suasana pasar yang riuh akan suara pedagang dan pembeli, tersimpan sebuah cerita mengenai musholla fly over, Musholla dengan panjang lima meter dan lebar tiga meter ini, sudah berdiri sejak tahun 2014 berkat inisiatif para pedagang. Musholla ini dibangun dengan konstruksi bambu di bawah fly over. Musholla ini tidak memiliki nama resmi seperti musholla biasanya, melainkan karena didirikan di bawah fly over, para pedagang memberi nama musholla bawah fly over.

Selain itu musholla ini juga memiliki fasilitas yang minim, seperti tempat berwudhu yang cuma memiliki dua kran air, hanya memiliki satu kipas angin kecil, serta sajadah yang sudah tipis dan lusuh.

Walaupun dengan kondisi yang minim dan fasilitas yang minim, tidak menurunkan semangat para pedagang atau pengunjung untuk beribadah di musholla ini, sekalipun harus bergantian shalat karena ruangannya sempit.

Lain halnya dengan fasilitas yang minim, letak musholla ini juga sangat miris. Yaitu dikelilingi oleh warung dan lapak-lapak pedagang. Oleh karena itu pengunjung harus teliti untuk menyadari keberadaan musholla ini. Tapi musholla mudah diketahui keberadaannya ketika lantunan adzan berkumandang atau bertanya langsung kepada pedagang disana.

Melihat kondisi musholla yang seperti ini, sangat berbanding terbalik dengan kemegahan masjid kubah emas yang dimiliki oleh Kota Depok.(Andi Putra/PNJ)
***
Andi Putra

Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *