Temukan Alat Peraga Pembelajaran , Guru MTS_NU Trate Gresik Raih Juara I Nasional

  • Whatsapp
M Faiq Rofiqi S.Si ,guru MTS-NU Trate Gresik saat mendomentrasikan alat peraga Biobaterai dihadapan wartawan, Kamis (02/11/2021)

GRESIK,beritalima.com-M Faiq Rofiqi S.Si ,guru MTS-NU Trate Gresik berhasil mengharumkan nama Gresik dan Jawa Timur di kanca Nasional.

Berkat inovasi penelitiannya Dia berhasil meraih juara I dalam Kompetisi lomba yang bertema “Guru Peduli Cerdaskan Negeri” yang diadakan Kementerian Agama dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) 2021.

Karya yang dihasilkannya adalah Dia berhasil membuat atau menemukan alat peraga pembelajaran yang diberi nama ‘Biobaterai’.

Biobaterai ini digunakan untuk mendeteksi unsur suatu cairan yang terkandung didalamnya. Apakah cairan tersebut mengandung listrik atau tidak.

Alat peraga itu, tentu sangat bermanfaat bagi siswanya, sebab dari alat peraga itu Dia meyakini mampu membuat siswanya berfikir kritis.

“Dengan alat ini, siswa bisa bereksperimen mencari cairan yang terdapat kandungan unsur energi. Itu yang saya maksud membuat siswa mampu berfikir kritis,” jelasnya.

Dari pengamatan, alat tersebut dibuat cukup sederhana dan mudah dibawa kemana saja. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan dan dari bahan bekas diantaranya dari kepingan Tembaga dan besi serta kaleng bekas.
Dia mengaku merakit alat peraga Biobaterai tersebut hanya sekitar 6 bulan dan tidak menyangka hasil karyanya, dapat memperoleh juara I Nasional.

“Saya tidak menyangka bisa juara, sebab awalnya saya tidak yakin melihat saingannya. Tapi berkat bimbingan mentor dari Kanwil Kemenag, akhirnya saya yakin bisa bersaing dengan dari wilayah yang lain,” cerita Faiq.

Gayung bersambut, Prestasi membanggakan Pria lulusan Universitas Brawijaya tersebut mendapat apresiasi dari banyak pihak. Fitrotul Khoiriyah Pengawas Kemenag Gresik mengaku sangat bangga atas capaian tersebut.
Dia mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar MTS Trate dan Faiq. Karena berkat prestasinya nama Kabupaten Gresik umumnya dan Institusi Kemenag Gresik khususnya ikut terangkat.

“Kami ucaapkan terimakasih pak Faiq sudah membawa nama harum Gresik. Beliau sangat luar biasa bisa juara 1 semoga ilmu yang yang ditularkan bisa bermanfaat,” ucapnya saat sambutan, di Aula MTS Trate, Kamis (02/12/2021)

Kalimat bangga juga diucapkan oleh Elvi Wahyudi , Ketua Perguruan Pendidikan NU Trate (PPNUT) Gresik.

Dalam kesempatan yang sama, Dia juga mengatakan hampir meneteskan air mata karena sangat bangganya.

“Kami teramat bangga sampai hampir menetesakan air mata, MTS ini ini bisa memunculkan juara nasional,” tutur Wahyudi.

Kedepan Dia berharap prestasi tersebut bisa dipertahankan dan dapat memberikan inspirasi bagi sekolah yang lain untuk berinovasi. “ Semoga prestasi yang ditorehkan juga memberikan inspirasi bagi yang lain,”tutupnya.
Dari pantauan, Kepulangan Faiq Rofiqi setelah ikut lomba di Jakarta menuju sekolah MTS_NU Trate dibumbui sejumlah prosesi penyambutan.

Mulai pemberian kalung bungah dan cinderamata dihadapan siswa yang dikumpulkan di Halaman sekolah, hingga diarak dengan diiringi tabuhan rebana sholawat.(Moh Khoiron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait