Terapkan Digital Marketing, Omset UMK Madiun Meningkat

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat luar biasa terhadap segala aspek kehidupan. Tak terkecuali Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Apalagi, UKM memiliki peran penting dalam mempertahankan perekonomian bangsa. Tak hanya itu, UKM juga menyerap 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja dan menyumbang sebesar 60,34% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Digitalisasi juga dinilai penting dalam upaya mendorong UKM naik kelas. Berkaca dari tren selama pandemi dimana ekonomi digital tumbuh positif 38% dan 93%, pengguna internet masih tetap akan memanfaatkan digital pasca pandemi.

Mendukung sektor UKM  untuk bersaing di dunia digital, JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Madiun. Melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Kota Madiun dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

“JNE Madiun terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan dengan menerapkan beberapa point. Yaitu sinergi dan koloborasi, kerja sama dengan berbagai pihak yang JNE percaya merupakan kunci kesuksesan di tengah industri 4.0. Kemudian adaptasi dan inovasi, yaitu selalu optimis dengan setiap situasi yang sedang dihadapi. Salah satu bentuk nyata kami ingin hadir untuk UKM. Yaitu kami memberikan layanan 24 jam secara offline maupun hotline. ” jelas Kepala Cabang JNE Madiun, Amdri, dalam virtual webinar, Senin 28 Juni 2021+

Salah satu pembicara dari pihak UKM, yang juga Owner Batik Murni Madiun, Murni, menuturkan, keunikan, ciri khas dan inovasi tanpa henti menjadi kunci sukses bisnisnya tetap bertahan.

“Saya memulai bisnis dari nol dan saya menjadikan batik sebagai passion saya. Dalam berbisnisg kita harus memiliki keunikan, mengutamakan mutu dan bangga dengan produk yang kita miliki. Batik Murni berusaha untuk selalu memiliki ide dan inovasi baru setiap bulannya karena hal tersebut yang menjadikan batik Murni tetap diminati konsumen.” terang Murni.

Sementara itu, Direktur Bluder Cokro, Hery Sasono, mengatakan, di masa pandemi, omset Bluder Cokro hanya 10% dari jumlah omset biasanya. Namun Bluder Cokro mulai menerapkan strategi marketing terbaru yaitu dengan on boarding di online market place, menciptkan website Bluder Cokro dan menjadikan JNE sebagai jasa pengiriman keseluruh indonesia.

“Terbukti omset penjualan kembali berangsur meningkat, Pada awal masa pandemi, omset bluder cokro sangat menurun dan kami sangat shock. Namun dalam berbisnis, kami percaya untuk tetap gigih dan pantang menyerah. Never quit, belajar jangan mudah putus asa karena ketika kita percaya dan terus berjuang pasti ada jalan. Tentunya dibarengi dengan kualitas bagus, kemasan bagus, pelayanan bagus. Tiga aspek tersebut sudah harus menjadi 1 paket. Dengan begitu, bisnis pasti akan berbuah manis dan tetap akan berjalan,” papar Hery.

Untuk diketahui, gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Madiun, merupakan kota ke-31  yang menjadi sasaran dalam pemberdayaan UKM oleh JNE.

Setelah Kota Madiun, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Mojokerto pada 30  Juni 2021. Webinar online kali ini merupakan roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia dan dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. (ADV/Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait