Terendam Banjir, 96 KK Situbondo Tak Bisa Tidur Semalam Suntuk

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Akibat meluapnya Sungai Jumain. Sebanyak 96 KK dari 3 dusun didesa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo terendam banjir semalam ( Minggu 29/01). membuat warga begadang sampai pagi. Ketinggian banjir mencapai 80 cm tersebut akibat luapan sungai setelah sebelumnya diguyur hujan lebat sejak pagi.

“Banjir mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 19.00 WIB. karena semakin tinggi warga di sini panik apalagi hujan masih belum mau berhenti, saya langsung bawa anak dan istri saya naik ke perahu, ada juga warga yang mengungsi sementara kerumah sanak saudara,” Kata Sulaiman (45) warga RT 02 RW 01 dusun pecinan.

Kegelisahan Sulaiman dan warga lainnya bertambah, dalam kondisi gelap karena listrik padam ketinggian air masih belum surut sampai jam 21.00 Wib. Sulaiman juga mengaku sampai pagi masih belum bisa memejamkan mata, karena was was banjir akan datang kembali,”Sampai pagi ini saya hanya duduk disamping anak anak saya yang tertidur, Dari tadi malam ya tetap diperahu ini, karena mau kembali kedalam rumah masih was was,”Tuturnya kepada beritalima.com Senin ( 30/01).

Petugas BPBD setelah mendapat informasi adanya banjir langsung bergerak mendatangi lokasi, melakukan pendataan, menenangkan warga dan mencari masyarakat yang belum keluar rumah terutama yang terkendala kesehatan dan fisik.

Menurutnya Haris Sabantono salah satu petugas BPBD Kabupaten Situbondo yang selalu intens berkomunikasi , memberikan info bencana via Whatsapp, Banjir yang merendam rumah warga ini terjadi setelah hujan lebat sejak pagi di daerah besuki selatan hingga membuat sungai jumain yang dekat dengan pemukiman tidak mampu menampung debit air, hingga meluap dan merendam rumah warga.

“96 KK yang terdata oleh BPBD terkena dampak banjir luapan sungai Jumain, sekitar jam 23.00 WIB air mulai surut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kerusakan sementara nihil karena belum ada laporan warga, tapi kami masih terus memonitor, dan pagi ini petugas dari berbagai elemen akan membantu warga, melakukan bersih bersih,”Papar Haris.

Data yang dihimpun oleh BPBD Kabupaten Situbondo daerah terdampak banjir, dusun Pecinan 13 KK Rt.04 Rw. 01, 22 KK Rt. 02 Rw. 01, 6 Rt. 03 Rw. 02. untuk dusun Kota timur 25 KK Rt. 01 Rw. 05 dan 30 KK Dusun Kota Timur Kampung Baru Rt. 01 Rw. 03 Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.(JOE)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *