Terima Bansos Pangan, Warga Ungkapkan Terima Kasih kepada Bupati Touna

  • Whatsapp

Ampana, beritalima com | Pemkab Kabupaten Tojo Una Una siang tadi ,Kamis (14/5/2020) kembali menyerahkan Bansos Pangan APBD 2020 untuk penanggulangan dampak COVID-19 di 2 kecamatan yakni Kecamatan Ulu Bongka dan kecamatan Ampana kota secara simbolis

Setelah 2 Hari sebelumnya (Selasa, 12 Mei 2020) Bansos Pangan APBD Kabupaten di serahkan untuk 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Tojo dan Kecamatan Tojo Barat.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una Una Burhanuddin, menyampaikan bahwa Bansos Pangan Untuk Kecamatan Ulubongka yang mendapatkan Bantuan sebanyak 1.152 Kepala Keluarga dengan Rincian untuk Desa Watusongu : 51 KK, Desa Uematopa 208 KK, Desa Uekambuno 65 KK, Desa Tobamawu 18 KK, Desa Tampanombo 33 KK, Desa Takibangke 47 KK, Desa Rompi 18 KK, Desa Paranonge 34 KK, Desa Mire 45 KK, Desa Marowo 109 KK, Desa Kasiala 101 KK, Desa Cempa 48 KK, Desa Borneang 63 KK, Desa Bongkakoi 37 KK, Desa Bongkamakmur 91 KK, Desa Bonevoto 143 KK, Desa Bonebae II 18 KK, Desa Bonebae I 23 KK. Berdasarkan data yang telah ada. Dengan rincian total Beras sebanyak 23.040 Kg, Gula Pasir 4.608 Kg, Minyak Goreng 2.304 Liter dan Telur Ayam sebanyak 50.688 Butir. Yang diterima per Kepala Keluarga Hari ini adalah Bansos Pangan untuk 2 Bulan (April dan Mei) masing-masing sebanyak 20 Kg Beras, 4 Kg Gula pasir, 2 Liter Minyak Goreng dan 44 Butir Telur Ayam.

“Apabila nama-nama Penerima Bansos Pangan ini sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos agar dikeluarkan jangan tumpang tindih, dan diberikan kepada Masyarakat yang belum dapat” Harap Kepala Dinas Sosial kepada Para Kepala Desa.

Untuk bantuan ke desa-desa akan di Distribusikan ke Desa-Desa masing, begitu Pula dengan Desa yang terpencil sepenuhnya biaya Transportasi akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

Bupati Tojo una una dalam arahannya menyampaikan agar Bansos Pangan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak Covid19/Virus Corona yang melanda Negara Indonesia dan Seluruh Dunia,.

Dalam keteranganya Mohammad Lahay mengatakan Anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una, yang di ambil dari APBD sejumlah Total 7,8 Milyar diperuntukkan Bantuan kepada Masyarakat sebanyak 13.000 Kepala Keluarga yang semula 1000 Kepala Keluarga.

“Alhamdulillah kita bersyukur kepada ALLAH SWT Kabupaten Tojo Una Una sampai saat ini masih aman dari Covid19 atau masih berada pada Zona Hijau, kabupaten tetangga kita sudah banyak yang positif dalam artian kabupaten ini kita sudah di kelilingi oleh daerah yang Positif Covid19, untuk itu kita harus tetap Waspada” Kata Bupati

Bupati Mengucapkan terima kasih kepada Seluruh Elemen Masyarakat, TNI dan POLRI yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah yang sudah bekerja maksimal dalam Penanggulangan Pencegahan Penyebaran Covid19, mematuhi anjuran Pemerintah dengan memakai Masker jika keluar Rumah, Menjaga Jarak dan Terus membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

” Kita semua berdoa, dengan upaya kita yang sudah maksimal insya ALLAH Kabupaten Tojo Una Una tetap berada pada Zona Hijau sampai wabah ini berakhir” Ujar Bupati

Bupati juga menambahkan walaupun bantuan ini jumlahnya sedikit patut disyukuri, karena dampak ini sangat dirasakan oleh masyarakat, dengan adanya kenaikan harga barang bahkan harga Produksi pertanian menurun drastis.

“Bukan hanya di Daerah ini namun seluruh Indonesia merasakan Dampak Wabah Covid19. Ketebatasan kita berusaha dibatasi oleh Kondisi yang ada” terang Mohamad Lahay

“Beberapa bulan lalu Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una terus disorot dengan belum adanya bantuan yang Turun kepada Masyarakat, ini disebabkan oleh beberapa kendala antara lain harus mengkonekan data antara Data dari Desa dan Dinas, agar Penerima Bantuan Tidak tumpang tindih seperti yang telah dilaporkan oleh Kepala Dinas Sosial” Tambah Bupati.

Bantuan sembako tersebut disambut senyuman oleh para warga penerima bantuan.

Salah satu warga Ulu Bongka ikut mengucapkan terima kasihnya kepada Pemkab Touna

Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu ditengah bulan Suci Ramadan dan Pandemi Covid-19.

Hadir mendampingi Bupati pada kesempatan ini adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Femmy Luther LahayKepala Dinas Sosial Bersama Sekretaris Dinas Sosial, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Ulubongka, Danramil Ulubongka dan Kepala Desa se Kecamatan Ulubongka. (Prokopim /HW))

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait