Teungku Muharuddin Mengunjungi Darmawati Yang Dipasung Keluarga Karena Gangguan Jiwa

oleh -161 views

Aceh Utara, Beritalima – Anggota DPR Aceh Teungku Muharuddin, menyempatkan diri untuk menjenguk Darmawati (33), warga Lueng Sa, Kecamatan Madat, Aceh Timur, yang saat ini dipasung keluarga karena alami gangguan jiwa.

www.beritalima.com

Teungku Muharuddin tiba di kediaman pasien yang mengalami gangguan jiwa itu sekitar pikul 19.45 Wib usai melaksanakan shalat jamaah maghrib, yang sebelumnya dilaksanakan di Desa Lueng Sa kecamatan yang sama.

Miris, nasib Darmawati yang merupakan adik kandung syuhada Nasruddin Zakaria alias Abu Nas sebagai eks tokoh pejuang GAM yang meninggal dunia saat konflik Aceh. Dalam kunjungan Rabu (5/12), malam itu, Teungku Muharuddin yang didampingi keluarganya mendapati Darmawati dalam kondisi yang memperihatinkan. Pada kesempatan itu, Teungku Muharuddin berjanji akan memfasilitasi Darmawati, untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa di Banda Aceh, dalam waktu dekat ini guna menjalani perawatan.

“Jika keluarga siap, insya Allah akan kita fasilitasi untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa, agar yang bersangkutan mendapat perawatan yang layak,” sebut Teungku Muhar, sapaan akrab mantan ketua DPR Aceh itu.

Sementara ibu kandung Darmawati, Rasimah (73) dibalik wajah pasrahnya menyebutkan, bahwa putrinya sudah lama menderita gangguan jiwa dan sempat beberapa kali dibawa ke Rumah Sakit Jiwa di Banda Aceh. Ia menjelaskan, Darmawati terakhir dirawat di rumah sakit jiwa sekitar 3 bulan lalu. Dia dipulangkan karena kondisi saat itu sudah membaik dan pihak keluarga juga jarang membesuk akibat keterbatasan biaya.

“Dia dipasung karena beberapa waktu lalu pergi dari rumah, dan sempat dituduh sebagai penculik anak. Menghindari hal yang tidak diinginkan, kemudian keluarga memasungnya,” imbuh salah satu warga tetangganya.

Darmawati dipasung tepat di belakang rumah orangtuanya, yang tidak lain adalah bekas rumah lama mereka. Tengku Muhar yang di dampingi Haspiana Hanafiah, tokoh perempuan setempat, dalam kesempatan itu juga menyumbang alakadar bantuan uang tunai untuk keluarga Darmawati.

Sebelum melaksanakan kunjungan ke Desa Lueng Sa, terlebih dulu Tgk Muhar menggelar silaturahmi ke Gampong Blang Andam, Madat, Aceh Timur. Di sana rombongan disambut tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Ada beberapa hal disampaikan warga Blang Andam dalam silaturahmi ini, salah satunya mengenai masjid di gampong setempat yang saat ini sedang dibangun. Menanggapi itu, Tgk Muhar berjanji akan segera menyumbang 100 sak semen. (EN)

www.beritalima.com