Tim Saber Pungli Sosialisasi, Pelaksanaan PTSL dan Cegah Gratifikasasi Pilkades PAW

  • Whatsapp
Bupati dan Wakil Bupati Jember membuka kegiatan sosialisasi tim saber pungli (beritalima.com/sugik)
Bupati dan Wakil Bupati Jember membuka kegiatan sosialisasi tim saber pungli (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Tim Saber Pungli sosialisasi, pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) dan mencegah gratifikasi di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) tahun 2022.

Sosialisasi tersebut, dilaksanakan di Pendopo Wahyawibawagraha, Jumat (2/8/2022).

Bacaan Lainnya

Usai membuka sosialisasi, Bupati Jember H. Hendy Siswanto mengatakan, Pemkab Jember telah membentuk tim siber pungli untuk Pilkades PAW mendatang.

“Ini untuk menghindari persaingan antar calon yang tidak sehat, adanya gratifikasi pada pemilih dan memenangkan satu kandidat. Ini juga mengindari masyarakat terjerat hukum,” tegas Bupati.

Bupati menegaskan, Pilkades mulai tahun 2021 Pemkab Jember sudah memberikan seluruh pembiayaan, dan semua itu di handle atau di back up oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Siapapun boleh untuk ikut nyalon Pilkades. Dengan persyaratan-persyaratan yang sudah diundangkan,” jelasnya.

Namun demikian, menurut Bupati, tahun sebelumnya Jember telah dilaksanakan Pilkades. Dimana fokusnya disatu tempat pilihan dan kampanyenya juga satu tempat.

“Pilkades tahun kemaren saat pandemi Covid-19, jadi satu tempat dan bergantian. Itu untuk mengeleminir diluar dan juga pengamanannya, serta bisa menyampaikan visi dan misi lebih tepat,” sarannya.

“Untuk itu, sistem yang dilakukan tahun 2021 sebaiknya diterapkan lagi di tahun 2022,” harapnya.

Terkait dengan PTSL, Bupati mengakui di Jember biayanya memang berbeda-beda. “Biar itu nanti di jelaskan oleh pihak BPN,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait