Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Jawa Timur Lumayan Besar

  • Whatsapp
Kabid Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil DJP I Jatim, Heru Budhi Kusumo.

SURABAYA, beritalima.com – Tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP) Orang di Jawa Timur lumayan besar, meski belum mencapai yang ditargetkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) I Jawa Timur tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kantor Wilayah (Kanwil) DJP I Jatim, Heru Budhi Kusumo, di kantornya, di Jalan Jagir Wonokromo 104 Surabaya, Selasa (11/12/2018).

Data penerimaan SPT tahun 2018 disebutkan, WP Orang Jawa Timur mencapai 96,9 persen, yakni sebanyak 270.761 dari 279.318 yang ditargetkan tahun ini.

Capaian tersebut lebih besar dibanding capaian sektiir WP Badan. Capaian WP Badan tahun ini 80,2 persen, yakni 35.45 dengan target 44.189.

Sedangkan untuk penyampaian SPT yang menggunakan mekanisme E-Filling justru melampaui dari yang ditargetkan, yaitu 149.508 dari target 168.171 atau 112.4 persen.

Dari semua itu, DJP I Jawa Timur tahun ini merealisasikan penerimaan pajak sebesar Rp 36,3 triliun dari target Rp 46,8 triliun, atau hanya mencapai 77,57 persen dari yang ditargetkan.

Menurut Heru Budhi Kusumo, tidak tercapainya realisasi pajak dari target itu menunjukkan masih adanya ketidaksadaran masyarakat akan wajib pakak.

“Kesadaran masyarakat atas WP Orang dan WP Badan masih perlu ditingkatkan,” kata Heru. Untuk itu ia mengimbau pada masyarakat terutama yang terdaftar agar melaksanakan kewajiban bayar pajak.

“Membayar pajak ini sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara. Karena itu kami harap semua Wajib Pajak melakukan kewajibannya, sehingga target yang dibebankan pada Direktorat Jenderal Pajak utamanya kami di Surabaya bisa terpenuhi,” pubgkas Heru. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *