Tingkatkan PAD Situbondo, Bupati Karna Genjot Pengembangan Wisata Merak-Baluran

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi foto bersama tokoh masyarakat. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi nampaknya tidak main-main untuk mengambangkan dan membangun kawasan wisata Merak-Baluran. Sebab kawasan tersebut masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Baluran itu memiliki wisata bahari yang begitu indah.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, dengan dibukanya kawasan wisata Merak-Baluran ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Situbondo. “Karena keindahan wisata bahari yang ada disana tidak perlu diragukan lagi. Bahkan ada pantai dimana kita bisa berjalan dari pulau satu ke pulau didepannya,” ucap Bupati, dalam sambutannya di acara Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan Tahun 2022, di Kantor Kecamatan Suboh, Senin (28/3/2022).

Bahkan, untuk mewujudkan itu, Bung Karna mengungkapkan, pihaknya talah mengalokasokan anggaran hingga Rp21 miliar. “Itu kita gunakan untuk membangun jalan dari Dusun Sidomulyo hingga Dusun Merak,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUTR Lumajang ini menyampaikan, letak kawasan wisata Merak-Baluran sangatlah strategis. Karena berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. “Sehingga kita harapkan wisatawan yang berkunjung ke Bali bisa mampir kesini (kawasan wisata Merak-Baluran -red). Bahkan jarak dari Bali ke Merak-Baluran hanya sekitar 100 kilometer saja,” tukasnya.

Lebih jauh, Bung Karna menjelaskan, kawasan wisata Merak-Baluran memilik 11 destinasi wisata. “Mulai dari Pantai Bilik, Sijile, Lempuyang, Sirondo, Kakapa, Balanan, Tebing Batu Hitam, Rumput Emas, Pantai Batu Hitam, Kajang, dan Bama,” bebernya.

Selain itu, Bung Karna menerangkan, kawasan wisata Merak-Baluran juga dekat dengan wisata religi. Yakni makam pahlawan nasional, KHR As’ad Syamsul Arifin. “Kita harapkan para peziarah bisa berkunjung ke kawasan wisata Mereka-Baluran. Ini adalah peluang untuk kita,” pungkasnya.

Bung Karna optimis, dengan dibukanya kawasan wisata Merak-Baluran bisa meningkatkan PAD Pemkab Situbondo. “Kita tinggal menghitung saja. Satu wisatawan yang bermalam di hotel, berarti dia 10 persen harga hotel yang dia bayar itu otomatis masuk ke kas daerah. Semisal tarif hotelnya Rp500 per malam, berarti Rp50 ribu sudah masuk ke PAD kita,” tutupnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait