Tingkatkan Pelayanan Publik, Disdukcapil Gresik Kini Berpindah ke Mal Pelayanan Publik

  • Whatsapp
Para Petugas Dispendukcapil sedang sibuk melayani masyarakat di Mal pelayanan publik.(*)

GRESIK,beritalima.com- Pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik yang semula berada di Jalan Wachid Hasyim, kini berpindah ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik.

Masyarakat yang ingin melakukan pengurusan adminduk bisa langsung mendatangi MPP yang berlokasi di jalan Dr. Wahiddin Sudirohusodo 245, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Berpindahnya lokasi pelayanan Dispendukcapil tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Dukcapil Gresik Muhammad Hari Syawaluddin, Selasa (07/03/2023).

“Pelayanan adminduk sudah dibuka di MPP dibuka sejak Senin kemarin. Jadi masyarakat bisa langsung datang ke sini (MPP),” kata Kadis Dukcapil.

Dikatakan Hari, selain pelayanan di MPP, guna memudahkan layanan kepada masyarakat, pihaknya juga membuka layanan adminduk secara online melalui website poedak.gresikkab.go.id.

“Selain online, pelayanan adminduk juga bisa dilakukan di kantor desa/kelurahan dan kecamatan. Penyesuaian tempat ini sebagai langkah agar memudahkan masyarakat untuk dapat memperoleh layanan adminduk secara mudah dan cepat,” pungkasnya.

Pada tingkat desa/kelurahan, layanan adminduk telah dimudahkan dengan petugas yang siap membantu pengisian formulir dan kemudian mencetak domumen kependudukan. Seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran atau kematian. Begitupun di kecamatan yang dilengkapi dengan fasilitas rekam dan cetak KTP elektronik dan KTA, masyarakat bisa melakukan pencetakan dokumen tanpa harus ke kantor pusat.

Hari Syawaluddin juga menyampaikan, bahwa Disdukcapil Gresik bakal menerapkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang lebih dikenal dengan Digital ID. IKD merupakan inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan.

“Saat ini baru diperoleh 11 ribu orang yang sudah terdata Digital ID dari yang ditargetkan Ditjen Kependudukan sejumlah 246 ribu orang. InshaAllah target ini dapat dituntaskan di akhir tahun 2023,” ungkapnya.

Untuk itu, agar lebih meningkatkan pelayanan, pihaknya juga akan melakukan jemput bola di sejumlah tempat keramaian. “Kami juga akan hadir di setiap event Pemkab Gresik untuk berikan pelayanan,” katanya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait