Tips Belajar Matematika yang Menyenangkan

  • Whatsapp

beritalima.com – Matematika merupakan ilmu yang sangat mendasar.kenapa dikatakan ilmu dasar? Ya penyebab nya ilmu ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh berdagang.Memang,matematika memuat rumus rumus yang banyak membuat pelajar sulit mempelajari matematika.Hal ini merupakan tantangan bagi para tenaga pengajar untuk membuat matematika terlihat mudah dan tidak sulit sehingga menarik pelajar untuk belajar.Menurut indah pelajar ya saya akui matematika merupakan pelajaran yang saya gemari tetapi terkadang membuat saya kesal juga karena rumus rumus yang sulit di pahami.Dilansir dari www.educenter.id berikut cara belajar matematika dengan mudah dan tidak membosankan.

1.Belajar di Alam Terbuka
Tidak selamanya kegiatan belajar mengajar dilakukan di dalam ruangan kelas. Ada kalanya, anak-anak harus diajak ke luar ruangan untuk belajar dengan cara yang lebih seru. Dalam belajar Matematika juga demikian, anak-anak bisa diajak keluar ruangan lalu belajar secara menyenangkan. Bila perlu menggunakan alam sekitar untuk menunjang pembelajarannya.
Anak-anak bisa diajarkan cara berhitung dengan menyenangkan, misal dengan daun-daun atau bunga. Mereka bisa diajarkan pengurangan dengan melakukan transaksi pembelian di pasar atau kantin. Hal-hal semacam ini lebih mendekatkan anak-anak pada penerapan Matematika yang secara tidak langsung juga meningkatkan kemampuan matematisnya.

2.Menggunakan Permainan
Selain belajar di alam terbuka, belajar Matematika juga bisa dilakukan dengan permainan yang menyenangkan. Permainan yang bisa dilakukan ada dua jenis. Pertama permainan yang dilakukan secara langsung, misal berhitung dengan jari, cepat-cepatan menjawab, dan lain sebagainya. Permainan kedua bisa dilakukan dengan alat peraga dan juga aplikasi yang ada pada komputer atau ponsel pintar.

Dewasa ini, aplikasi belajar Matematika pada ponsel pintar sudah banyak sekali jenisnya. Anak-anak bisa diajak bermain sesuai dengan tingkatan kemampuannya. Misal aplikasi belajar penjumlahan, perkalian, hingga soal-soal pemecahan masalah lainnya.Untuk alat peraga, anak bisa diajarkan untuk mencari luas, volume, dan belajar pecahan dengan bahan kertas karton yang digunting.

3.Mempelajari Trik-Trik matematika
Bagi anak-anak, hal paling menyebalkan dari belajar Matematika adalah susahnya menghafal rumus. Hampir di setiap materi Matematika, rumus yang digunakan cukup banyak dan semakin sulit. Bagi mereka yang memiliki daya ingat, menghafal rumus tidak akan jadi masalah. Namun bagi mereka yang susah dalam hal menghafal bisa menjadi masalah yang cukup fatal.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa trik Matematika akhirnya diciptakan. Dengan trik ini, Matematika bisa dipelajari dengan lebih menyenangkan. Trik dalam Matematika bisa berupa bagaimana menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus rumit, hingga menggunakan jembatan keledai untuk menghafalkan rumus-rumus yang cukup panjang dan membingungkan.

Menurut Atmi yang merupakan guru SMP mengatakan ,saya harus pintar pintar untuk menarik anak didik saya belajar matematika dan kuncinya saya harus sabar dan telaten untuk mengajar,di dalam mengajar saya tidak boleh monoton dan biasanya saya membuat kuis berhadiah yang dapat menjawab kuis matematika yang saya berikan.Pokoknya tenaga pengajar harus lebih kreatif ujar Atmi.

Penulis : ingee manghayu sukma
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *