beritalima.com

TNI Bersama Warga Gelar Karya Bakti Bersihkan Lingkungan

  • Whatsapp

OELAMASI, beritalima.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Ekatete, Serda Manuel Amaral yang merupakan anggota Koramil 1604-02/Camplong Kodim 1604/Kupang bersama masyarakat melaksanakan karya bakti dengan gotong- royong membuat saluran air di jalan perkampungan warga wilayah di RT. 001/RW. 001 Dusun II Desa Ekateta, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Jumat (11/9/2020).

Babinsa Serda Manuel Amaral bersama masyarakat desa binaannya melaksanakan aksi gotong-royong untuk membuat saluran air jalan perkampungan untuk membantu pembangunan di wilayah sekaligus membersihkan rumput-rumput liar dan juga bertujuan agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya supaya tidak mudah terserang penyakit.

Demikian press release dari Pendim 1604/Kupang yang diterima media ini di Kupang, Jumat (11/9/2020) malam.

Dalam kegiatan gotong-royong tersebut, Serda Manuel Amaral mengatakan, menjadi seorang Babinsa harus berada di tengah-tengah masyarkat serta harus mampu berbaur dengan masyarakat desa binaannya, sehingga diharapkan dapat membantu memecahkah permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

“Babinsa merupakan garda terdepan satuan Komando Kewilayahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan ini salah satu wujud nyata kegiatan yang dilakukankan Babinsa dalam membantu masyarakat,” ujarnya.

Serda Manuel menambahkan, dalam kegiatan gotong-royong ini melibatkan masyarakat Desa Ekateta bersama-sama Babinsa, dengan tujuan untuk mewujudkan hidup sehat sekaligus untuk menumbuhkan kebersamaan dan gotong-royong di antara seluruh lapisan masyarakat.

“Pembentukan parit kami lakukan bersama ini untuk menjaga kebersihan kampung, juga untuk memperlancar saluran air jika datang hujan, sehingga air yang ada di jalan tidak tergenang yang bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang yang akhirnya dapat menimbulkan penyakit.

Selain itu, Babinsa Serda Manuel juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak mudah terserang penyakit.

Menurut Danramil 1604-02/Camplong Kapten Inf Camilo Dos Santos menyampaikan bahwa karya bakti ini untuk mengajak masyarakat wilayah binaannya agar sadar dan memiliki keinginan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Ini merupakan usaha Babinsa untuk terus menjalin kebersamaan serta kerja sama dengan warga yang ada di wilayah binaan dan apa yang dilakukannya adalah untuk meringankan beban warganya.

“Kami TNI ingin meningkatkan kerja sama sebagai makluk sosial antara masyarakat dengan TNI khususnya Koramil 1604-02/Camplong. Karya bakti ini juga ajang kekompakan dan silaturahmi,” kata Danramil. (*)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait