Torehkan Kinerja Baik Buah Hasil Transformasi, hibank Mendapatkan Apresiasi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com|
Di penghujung tahun 2023, PT Bank Hibank Indonesia (hibank) meraih prestasi dalam “Top 100 CEO 2023” dari Infobank dan “Indonesia CEO Excellence Awards 2023” dari Warta Ekonomi.

Apresiasi ini diberikan kepada hibank yang berhasil torehkan kinerja cukup baik sebagai buah hasil dari transformasi yang diformulasikan dalam strategi yang terencana untuk mencapai visi perusahaan.

Strategi hibank untuk mencapai visinya menjadi Bank Digital UMKM unggulan di Indonesia diturunkan menjadi 5 (lima) stream, yakni penguatan sumber daya manusia, pengembangan bisnis model baru dengan menjadi orkestrator UMKM, penguatan dan penyempurnaan governance dan manajemen risiko dalam mendukung operasional bisnisnya sebagai bank digital, mengembangkan kapabilitas teknologi informasi dan infrastruktur yang handal untuk membangun platform bank digital yang dapat mendukung aktivitas usaha UMKM, serta strategi branding yang dilakukan agar hibank dapat dikenal sebagai bank UMKM berbasis digital.

“Segenap jajaran manajemen hibank menerapkan strategi yang dapat mendukung pencapaian visi perusahaan yang dimulai dengan membangun organisasi berbasis kinerja, pengembangan bisnis model melalui pendekatan komunitas dan seluruh ekosistem UMKM yang terangkum dalam komunitas tersebut dengan berbagai inovasi yang dilakukan untuk mempermudah hibank go-to-market, penguatan tata kelola agar proses bisnis yang dijalankan hibank agile dan adaptif, namun tetap mengedepankan prinsip prudential banking, pengembangan infrastruktur dalam rangka transformasi menuju bank digital, serta strategi branding yang terus dilakukan agar hibank dapat lebih dikenal sebagai bank unggulan UMKM dengan basis digital”, jelas Jenny Wiriyanto, Direktur Utama hibank.

Pencapaian kinerja baik hibank tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk BNI Group sebagai pemegang saham utama. Soliditas jajaran manajemen juga menjadi pilar utama, dengan latar belakang yang saling melengkapi dan menguatkan, di mana setiap individu membawa pengalaman yang beragam.

Sinergi yang baik pun terwujud dari kolaborasi seluruh pemangku kepentingan hibank. Kekompakan jajaran manajemen, meskipun berasal dari latar belakang pengalaman yang berbeda, seperti FinTech, konsultan IT, industri keuangan, bisnis, dan retail, mampu bersatu dengan visi yang sama.

Dalam rangka meningkatkan capaian kinerja, hibank pun terus melakukan transformasi digital untuk dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada para nasabahnya. Proses transformasi digital yang dilakukan hibank pun turut mendapatkan apresiasi dari Economic Review yang memberikan penghargaan “Best IT For Bank Company 2023 – Platinum Award” dalam ajang Indonesia Information Technology Award V.

Selama tahun 2023, hibank giat meningkatkan layanan perbankan digital dan keamanan siber, serta memperkuat kapasitas sumber daya manusia.

Prihayadiyanto, Direktur IT & Operasional mengungkapkan “hibank melakukan pengembangan aplikasi terkini dan peluncuran New Core Banking System dalam rangka mendukung perluasan transaksi digital dengan arsitektur terintegrasi dimana sistem ini dijadwalkan digunakan pada semester pertama 2024”.

Dalam transformasi organisasi IT, hibank memperkuat fungsi kunci seperti Technology Modernization, New Core Banking, Cloud Infrastructure, Enterprise Architecture, Cyber Security, PMO & Governance untuk mengatasi tantangan keamanan siber.

Dengan menerapkan teknologi terkini, seperti kecerdasan buatan, analisis perilaku, dan monitoring ancaman siber 24×7, hibank juga mengintegrasikan metodologi CITRA (Cyber, Information and Technology Risk Assessment) dan CITCF (Cyber, Information Security and Technology Control Framework) dalam pengembangan produk dan sistem.

Langkah-langkah pencegahan melibatkan pelatihan karyawan, kerjasama dengan ahli eksternal untuk audit sistem keamanan rutin, peningkatan infrastruktur teknologi, termasuk layanan perbankan digital dan manajemen aset berbasis komputasi awan (cloud).

Perekrutan talenta digital berpengalaman, serta kegiatan reskilling dan upskilling karyawan, turut mendukung upaya ini, semuanya bertujuan memberikan perlindungan optimal terhadap serangan siber dan menjaga keamanan data pelanggan.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait