Tour de Singkarak 2016 Akan Diamankan 5.099 Personil Polisi

  • Whatsapp
PADANG — Kepolisian Daerah Sumatera Barat menurunkan ribuan personel untuk mengamankan lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak yang bakal digelar 6-14 Agustus 2016. Ratusan peserta lomba ini akan berpacu melewati 17 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

“Total anggota kami yang terlibat dalam pengamanan Tour de Singkarak tahun ini mencapai 5.099 orang, berasal dari polda dan polres,” ujar Kepala Biro Operasional Polda Sumatera Barat Subnedih kepada wartawan, Kamis, 4 Agustus 2016.

Adapun titik pengamanan yang disiapkan adalah lokasi start, garis finis, dan sepanjang jalur yang dilewati pembalap. Kemudian tempat penginapan pembalap.

Subnedih mengatakan anggotanya juga mengidentifikasi semua titik rawan macet, rawan longsor, dan rawan kecelakaan. Sebab, pembalap bakal melintasi jalur-jalur tersebut. “Semua simpul itu akan kami jaga,” katanya.

Tour de Singkarak tahun ini rencananya diikuti 25 tim. Tim-tim itu terdiri atas 19 tim dari luar negeri dan enam tim dalam negeri. Pembalapnya diperkirakan berasal dari 30 negara.

Peserta lomba akan berpacu sepanjang 1.100 kilometer. Mereka bakal melintasi 17 kabupaten dan kota, yaitu Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Hingga kemarin, sudah banyak tim yang mengkonfirmasi untuk ikut serta, di antaranya Singha Infinate dari Singapura, Terengganu Cycling Team dari Malaysia, Kinan Cycling Team (Jepang), Korail Cycling Team (Korea), Black Inc Cycling Team (Laos), St George Merida (Australia), Data #3 Symantec (Australia), dan Kenya Riders Downunder (Kenya).

Selain itu, ada Pegasus Cycling Team (Indonesia), Action Cycling Team (Cina), Hong Kong National Team, 7-11 Sava Cycling Team (Filipina), Pishgaman Cycling Team (Iran), Indonesia National Team, Prima Indonesia, KFC Cycling Team (Indonesia), CCC-Indonesia, dan BBC Pesel Bank Nagari. Lalu, yang dalam waiting list ada Ukyo Cycling Team (Jepang), RTS Racing Team (Cina), Spidel Wheels (Inggris), Al Nasr (Uni Emirat Arab), dan KSPO dari Korea.

“Beberapa tim sudah ada yang tiba di Padang,” tutur Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata Raseno Arya, Kamis, 4 Agustus.


(tmp/aef/rki)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *