TPI Palopo Suplai Ikan ke Toraja

  • Whatsapp

Aktifitas rutin setiap pagi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palopo Sulsel sangat ramai dengan transaksi jual beli ikan dari warga Kota Palopo serta para armada paggandeng (pembonceng) ikan lintas kabupaten sampai ke pelosok Tanah Toraja dan perbatasan Luwu Sulawesi Tengah dan Sultra.

Seperti pada pemandangan Jumat pagi (17/3/2017) ratusan paggandeng pakai motor saling tawar menawar dengan para nelayan yang baru mendaratkan hasil ikan tangkapannya dari laut Teluk Bone dan sekitarnya.

Beragam jenis ikan ukuran besar dan kecil dengan mudah dapat ditemukan di TPI itu. Ada ikan cakalang, mairo, ikan karang, udang, cumi dan berbagai bentuk dan model ikan.

Soal harga termasuk murah, salah seorang ibu rumah tangga ditemui di TPI, Dra.Wasniati Saeni kepada media mengatakan, harga dan jenis ikan ditawarkan di TPI termasuk murah dan beragam, kata warga dari Perumnas Rampoang Palopo ini.

Ikan hasil tangkapan nelayan itu seringkali dimasa paceklik, ikan itu malah lebih banyak dibeli para paggandeng ikan untuk dijual di seluruh pelosok Tanah Toraja dengan jarak Palopo ke Malela Toraja sekitar 60 km ini. (yahya)

Suasana TPI Palopo dengan pembeli dan nelayan saling tawar menawar. (Foto : Yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *