Tugu Belido Palembang on Progress

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Tugu Belido seberat 3 ton hasil karya seniman asal Boyolali M. Mustafiq sudah sampai di Palembang dan segera naik keatas pondasinya di Pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang. Tugu Belido ini dibuat berbahan Tembaga murni nantinya akan dilapis Perak agar bersinar dan tahan lama. Ditarget Pertengahan Agustus Tugu Belido ini selesai. Rencananya Tugu Belido Palembang ini akan diresmikan langsung oleh presiden Jokowi.

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan, tugu belido ini akan menjadi ikon wisata baru di Kota Palembang, “Alhamdulillah sebentar lagi kita akan memiliki akon wisata baru, yakni tugu belido, kenapa dipilih ikan belido?, karena ikan ini asli Palembang, asli sungai musi dan banyak berjasa terhadap perekonomian masyarakat, banyak kemplang ikan belida khas Palembang. Saat ini keberadaan belido sudah sangat langka, maka dari itu kita jadikan tugu di tepian sungai musi” Ujar Harnojoyo.

Sementara itu Menurut sang seniman M. Mustafiq, Pria asal Desa Tumang Kecamatan Cepogo ini mengaku tidak menemui kesulitan untuk membuat tugu Ikan Belido yang mempunyai bobot berat 3 ton yang terbuat dari lempengan tembaga yang kerangka dibuat dari baja.

Pengerjaan yang sudah dimulai tiga bulan di Desa Tumang yang lokasi desa diantara jalan Solo-Solo Borobudur (SSB), Mustafid memulai membayangkan pekerjaan tugu dengan ukuran besar ini

“Agar mirip dengan aslinya saya berkeliling mencari ikan air tawar ini, dan akhirnya dapat, dan langsung bisa membayangkan bentuk asli ikan asli Sungai Musi ini,’ungkapnya.

Setelah melihat secara utuh bentuk dan kehidupan ikan yang mulai punah ini, dirinya mulai membuat maketnya dari gabus dengan ukuran kecil.

“Dari awal pekerjaan kita selalu konsultasi dengan pihak pemegang proyek,”katanya.

Pria yang kini mempimpin perusahaan Raja Kuningan khusus pembuatan karya seni dari tembaga dan kuningan ini menjelaskan, pekerjaan perakit Tugu Belido mulai dirampunkan, dan diakhir pekan (minggu) Tugu Belido tersebut akan mulai didirikan untuk diletakan diatas pondasi yang telah dibuat.

“Nanti dari mulut ikan akan mengeluarkan air sejauh 50 meter,” katanya.

Sebelum diletakan diatas pondasinya ikan Belido ini akan dilapisi Perak.

“Kalau kita hitung perak yang telah dicampur bahan kimia agar lebih melakat dan menutupi pori-pori lempengan tembaga ini kurang lebih sebanyak enam liter,’ jelasnya.

(Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *