Tuha Peut Jangan Terlalu Lama Facum

  • Whatsapp
Situasi diskusi dalam prosesi membicarakan masalah Tuha Peut Gampoeng Geudong-Geudong.
www.beritalima.com

BIREUEN ,ACEH,Beritalima.com – Camat Kota Juang Bireuen ,Muhammad Nasir Muhammad Yusuf,S.Sos mengharapkan kepada Kechiek Tgk Marzuki serta aparatur Desa dan masyarakat Geudong-Geudong untuk segera membentuk dan memilih Tuha Peut yang baru masa jabatan 2018 – 2024.
“ Saya mengharapkan agar segera terbentuk Tuha Peut Desa Geudong agar jangan terlalu lama facum sebab Tuha Peut yang lama sudah habis masa jabatannya.” Imbau Camat dalam rapat dengan Imum Mukim, Keuchiek, aparatur desa serta masyarakat Geudong-Geudong , barusan di Aula kantor Camat Kota Juang Bireuen.

Selain itu camat mengharapkan agar prosesi pemilihan Teuha Peut dan Murembangdes Geudong-Geudong tuntas dalam Pebruari 20128 sebab Musrembang Kecamatan juga akan dilaksanakan .
Menurut M Nasir M Yusuf, sebenarnya dalam prosesi pelaksanaan pemilihan Tuha Peut pihaknya tidak mencampuri, namun karena Geudong-Geudong Desa terbesar dan banyak penduduk dari 609 Desa yang ada di Wilayah Bireuen tengah dalam masa transsisi harus makanya turut membicarakannya.
Camat Kota Juang itu mengharapkan agar dalam pemilihan Tuha Peut harus transfaran dan libatkan dusun yang ada di dalam desa dan benar-benar sosok yang teruji.

Ditegaskannya bahwa Tuha Peut gampoeng yang nama lainnya unsur pemerintahan gampong yang berfungsi sebagai badan permusyawaratan gampong yang disebut legislatif gampong sedangkan lembaga eksekutif gampong terdiri dari Keuchik Gampong, Tgk Imum Meunasah, dan perangkat gampong.

Disebutkan , karena Tuha Peut merupakan salah satu lembaga adat dalam masyarakat Aceh yang memiliki otoritas dalam menjaga eksistensi hukum adat secara turun temurun maka struktur organisasinya harus terdiri dari empat unsur di dalamnya yaitu unsur ulama, unsur adat / cerdik pandai (cendekiawan) untur pemuda dan unsur tokoh masyarakat. ( HER)

www.beritalima.com

www.beritalima.com

www.beritalima.com

www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *