Tujuan Seminar UNWAHA Meningkatkan Kualitas Publikasi dan Jejaring Kerjasama Internasional

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Kesuksesan International Conference tahun-tahun sebelumnya, menjadi motivasi baru dalam penyelenggaraan Multidiscipline International Conference tahun 2023 ini. Masifnya perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) di era society 5.0 memerlukan bekal yang cukup dalam berbagai bidang ekonomi, pertanian, pendidikan, dan juga keagamaan.

Demikian hal itu diungkapkan Rektor Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Prof. Dr. Ir. Gatot Ciptadi DESS., IPU. ASEAN. Eng melalui keterangan persnya yang dirilis Humas UNWAHA, pada Rabu (15/11/2023) di kawasan Pondok Pesantren Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

“Pelaksanaan Seminar Internasional merupakan agenda rutin dan wajib bagi perguruan tinggi dalam upaya peningkatan kualitas publikasi maupun jejaring kerjasama internasional,” tutur Rektor.

Seminar yang akan dilaksanakan, Rabu 29 November 2023 ujarnya, sebagai ajang pemaparan paper hasil penelitian dari akademisi maupun peneliti (Red: Call for Paper).

“Antusias peserta International Conference cukup tinggi mengingat daya tarik dari sisi tema, narasumber, serta adanya publikasi ilmiah yang akan diterbitkan di prosiding dan jurnal terakreditasi,” imbuhnya.

Tema besar yang diangkat dalam pelaksanaan International Conference kali ini kata Rektor Prof. Dr. Gatot Ciptadi, adalah, “IMPACT OF INNOVATIVE DIGITAL TRANSFORMATION
FOR COMMUNITY SOCIETY 5.0 THROUGH OPTIMALIZATION OF RESEARCH, DEVELOPMENT, AND INNOVATION”

“Yang mana jika kita tidak punya bekal kompetensi dan keterampilan, maka pada waktunya akan tergantikan oleh mesin/robot (Red: digital transformation),” jelasnya.

Tak kalah menarik dari sebelumnya, bahwa International Conference tahun ini menghadirkan narasumber dari berbagai negara dan keilmuan diantaranya: Prof. Abd Razak Alimon dari UPM Malaysia, Prof. Mulyoto Pangestu dari Monash University Australia, serta Prof. Jonathan N Nagya dari Isabella State University Fhilipine.

Hal lain ditambahkan Dr. M. Wafiyul Ahdi selaku narsum dari UNWAHA sendiri pada seminar nanti akan membahas bagaimana peran ulama dalam kajiannya ditengah kemajuan teknologi AI. Juga Dr. Zulfikar dari narsum yang sama tidak kalah menarik juga akan membahas pemanfaatan teknologi untuk kemajuan pertanian.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait