UNAIR Peringkat Pertama Kategori Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penghargaan kepada Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai Badan Publik Informatif Kategori Perguruan Tinggi Negeri. UNAIR memperoleh peringkat satu dengan skor nyaris sempurna yaitu 99,10.

Pengumuman penghargaan itu disampaikan melalui Zoom meeting dan live streaming YouTube KIP pada Selasa (26/10/2021). Wakil Presiden RI Maruf Amin turut memberikan apresiasi dan sambutan melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres di Jakarta.

“Penganugerahan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi badan publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik mengenai keterbukaan informasi melalui inovasi yang tiada henti,” jelas Wapres.

Wapres juga menekankan bahwa pemberian penghargaan ini sekaligus dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat agar terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

Usai memperoleh penghargaan, Rektor UNAIR Prof Moh Nasih mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas perolehan yang didapat UNAIR. Dikatakan Rektor bahwa skor 99,10 yang telah didapat UNAIR merupakan hasil dari perjuangan yang panjang.

“Kami menyadari bahwa penghargaan ini adalah support semua pihak. Alumni, mahasiswa, dosen, tendik, dan seluruh masyarakat atas partisipasi dalam membangun UNAIR menjadi bahan publik yang informatif,” papar Rektor.

“Diperlukan perjuangan yang sangat lama. Berbagai macam ikhtiar kita lakukan, bertahun tahun mulai 6 tahun lalu hingga hari ini,” sambungnya.

Kembangkan Inovasi.Tak hanya itu, Rektor mengungkapkan bahwa ada banyak inovasi yang dilakukan UNAIR berkaitan dengan keterbukaan informasi publik. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi yang bisa diakses masyarakat berkaitan dengan informasi tentang UNAIR. Prinsipnya, semua inovasi itu dikembangkan untuk mempermudah akses informasi publik terhadap UNAIR.

“Aplikasi adalah salah satu contoh. Layanan informasi juga kita tingkatkan, termasuk kerja sama dengan banyak pihak berkaitan dengan keterbukaan informasi publik ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kordinator Pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNAIR yang juga Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) Martha Kurnia Kusumawardani dr. Sp.KFR-K mengungkapkan rasa bangganya atas lompatan dua kategori yang telah diraih UNAIR, dari Cukup Informatif di tahun 2020 dan Informatif di tahun 2021.

“Capaian ini sangat membanggakan sekaligus menjadi tantangan ke depan agar kita bisa memberikan informasi yang terbaik untuk masyakarat,” tandas dr. Martha.

dr Martha menambahkan, ada lima klasifikasi penilaian dari KIP, meliputi Tidak Informatif, Kurang Informatif, Cukup Informatif, Menuju Informatif, dan Informatif. Indikator penilaian yang dilakukan oleh KIP meliputi pengisian kuesioner monitoring dan evaluasi (monev) dan presentasi tentang inovasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Rektor selaku Atasan PPID UNAIR.

Selain perguruan tinggi, badan publik lain yang memperoleh penghargaan yaitu Badan Usaha Milik Negara, Lembaga Non Struktural, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Provinsi, Kementerian, dan Partai Politik. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait