Upaya BI Cetak Ekonom Muda Yang Lebih Baik di Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | SMK Negeri 1 Malang berhasil meraih Juara 1 Kompetisi Bank Indonesia Smart Challenge (BISC) 2021. Sedangkan SMA Kristen Petra 3 Surabaya menang sebagai Juara 2, disusul SMA Negeri 1 Cerme Gresik sebagai Juara 3.

Kompetisi BISC 2021 ini diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur di Hotel Vasa Surabaya, Rabu (2/12/2021). Kompetisi tahunan antar SLTA se-Jatim ini merupakan yang ke-6.

Dengan mengusung tema “The Impressive Young Economist for A Better Future”, Kompetisi BISC 2021 dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Implementasi KEKDA KPwBI Provinsi Jawa Timur, Dadal Angkoro.

Dalam sambutannya, Dadal Angkoro menyampaikan, penyelenggaraan kompetisi BISC ini merupakan salah satu bentuk upaya Bank Indonesia untuk menjadikan generasi muda Indonesia yang kompeten dan proaktif.

Penyelenggaraan BISC juga sebagai sarana bagi Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang mengemban peran initiate, act, share, dan inspire untuk dapat mengaktualisasi kreativitas dan inovasinya dalam rangka mendorong generasi selanjutnya untuk memahami fungsi dan tugas Bank Indonesia.

“Ini sebagai komitmen Bank Indonesia dalam mewujudkan generasi calon penerus bangsa yang cerdas, aktif, kreatif, dan inovatif,” tandasnya.

Kompetisi tahunan yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA sederajat di wilayah Jawa Timur ini merupakan inisiasi Bank Indonesia dengan menggandeng GenBI Korkom Surabaya Madura sebagai perwujudan optimalisasi potensi serta peningkatan pengetahuan para generasi muda mengenai kebanksentralan, makro ekonomi, ekonomi syariah, akuntansi, dan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR).

Tahap pelaksanaan kompetisi cerdas cermat BISC 2021 ini terdiri 3 babak. Babak penyisihan dilaksanakan secara daring pada 27 November 2021, diikuti 51 regu, dan menghasilkan 12 regu terbaik untuk mengikuti babak semifinal.

Babak semifinal dilaksanakan secara luring, dibagi 3 ronde, dan meloloskan 3 regu untuk bertarung di babak final memperebutkan Juara 1, yang akhirnya diraih SMK Negeri 1 Malang, mengungguli SMA Kristen Petra 3 Surabaya dan SMA N 1 Cerme Gresik sebagai Juara 2 dan 3.

Selain kompetisi cerdas cermat, gelaran BISC 2021 juga dimeriahkan dengan TikTok Challenge, GenBI Mengajar, dan Technical Meeting BISC 2021.

“Bank Indonesia mengharapkan ajang BISC tahunan ini dapat melatih dan menumbuhkan semangat kompetitif sekaligus meningkatkan pemahaman pengetahuan kebanksentralan bagi siswa-siswi yang pada akhirnya dapat menghasilkan generasi penerus yang cerdas, aktif, kreatif, dan inovatif,” tutup Dadal Angkoro serius. (Gan).

Teks Foto: BI Jatim bersama 3 juara Kompetisi BISC 2021.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait