beritalima.com

Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga, Perpustakaan Proklamator Bung Karno Gelar Pelatihan Mustikarasa

  • Whatsapp

BLITAR, beritalima.com – Sebagai implementasi dari pelatihan dengan model transformasi yang kini dikembangkan oleh  UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dari program dan anggaran dari Bappenas yakni Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan menjadikan program penguatan literasi untuk kesejahteraan masyarakat dan pengetasan kemiskinan, dalam masa pandemi COVID – 19. 


Pada Selasa ( 20/10/2020 ) telah digelar Kegiatan Literasi Mustikarasa dsengan mengadakan Pelatihan Memasak Masakan Catering hasil kerjasama PNRI – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dengan Kelompok Masyarakat Pelaksana Swakelola ( KMPS ) ” Mandiri ” Kelurahan Bendogerit yang diikuti empat kelompok Ibu – ibu dan dipandu oleh Pemateri Chef Toni Hendra. 

beritalima.com


Kegiatan pelatihan dan praktek ini berlangsung selama dua hari dengan mempraktekan dan menyajikan empat resep yang telah disiapkan oleh Pemateri dan diharapkan dari hasil pelatihan ini para Ibu – ibu nantinya dapat membuat aneka resep masakan ala Catering dan mejadikan usaha untuk peningkatan ekonomi keluarga. 


Dalam kesempatan wawancara dengan awak media, Chef Toni Hendra menjelaskan bahwa ” pelatihan yang dilaksanakan kali ini adalah pelatihan memasak masakan Catering dan manajemen Catering dimana Ibu – ibu kita berikan pelatihan Catering rumahan dan sekaligus mempraktekkannya bertujuan untuk menambah pendapatan rumah tangga dan untuk menyalurkan Ibu – ibu pasti hobi memasak tapi dari memasak ini bisa menghasilkan rupiah. Dari kelompok – kelompok ini diharapkan dapat membuat Catering rumahan dan juga memberikan pelatihan manajemen Catering karena dari Catering rumahan kelemahannya ada di pengelolaan “, jelasnya. 


Ditempat terpisah Kepala UPT Pewrpustakaan Proklamator Bung Karno, Dra. Janti Suksmarini, MM memberikan tambahan penjelasan bahwa ” kaitannya dengan pelaksaanaan  kegiatan pelatihan Literasi Mustikarasa di kelompok KMPS ” Mandiri ” di Kelurahan Bendogerit kita berusaha menggiatkan egiatan – kegiatan itu baik di Kota maupun Kabupaten Blitar kita berusaha menggiatakan dilingkungan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi program yang merupakan bagian dari Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang digulirkan oleh Bappenas melalui PNRI – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang dikembangkan sebagai model yang dikembangkan oleh perpustakaan dengan menjadikan program penguatan literasi untuk kesejahteraan masyarakat dan pengentaskan kemiskinan “, tambahnya. ( hen/ich ) 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait