Uri Uri Budaya, Pemkot Madiun Gelar Pameran Pusaka

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun, Jawa Timur, juga diisi dengan pameran pusaka di GOR Wilis yang digelar 1-3 Juli 2022.

Pameran pusaka yang rata rata peserta menampilkan keris, diikuti puluhan penghobi benda pusaka dari berbagai daerah. Mulai Klaten, Solo, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Nganjuk, dan kota lainnya.

Dalam pameran ini, ada yang menyajikan pandai besi. Bahkan Walikota Madiun, H. Maidi, mencoba pandai besi di halaman GOR.

Dalam kesempatan tersebut, walikota mengucapkan terima kasih kepada panitia dan juga peserta pameran yang telah turut berkontribusi meramaikan peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun.

Menurutnya, keris dan pusaka lainnya, merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Karenanya, Pemerintah Kota Madiun turut memfasilitasi dengan menggelar pameran dalam rangkaian Hari Jadi.

‘’Terima kasih telah ikut meramaikan Hari Jadi, telah ikut melestarikan warisan budaya leluhur,’’ ucap H. Maidi.

Ia berharap, ke depan pameran bisa semakin dikembangkan. Tidak hanya pameran benda pusaka tapi juga ada pertunjukkan dari para pembuat keris. Mulai dari proses pembuatan, jamasan, dan jika pertujukkan lainnya.

‘’Keris-keris yang punya pamor tolong dikeluarkan. Kapan-kapan nanti ada demo keris dari empu. Acara kita buat semakin menarik,’’ tambahnya.

Walikota kembali berharap, hadirnya pameran juga memberikan dampak lain. Salah satunya, perekonomian. Seperti diketahui, peringatan Hari Jadi merupakan momentum peningkatan perekonomian.

‘’Kota ini kita ramaikan dengan berbagai kegiatan untuk gas ekonomi. Ke depan masih banyak acara yang tak kalah seru dan menarik,’’ pungkasnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait