Usai Mengikuti Pemusnahan Narkoba, Wali Kota Risma Langsung Keliling Rumah Sakit Beri Bantuan Cleaning Service

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Seusai mengukuti acara pemusnahan narkoba di Markas Polrestabes Surabaya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini langsung keliling ke beberapa rumah sakit di Kota Surabaya untuk memberikan semangat kepada para dokter, perawat dan memberikan bantuan kepada para petugas cleaning service, Kamis (18/6/2020). Hal itu dilakukannya meski dia tengah sibuk melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pahlawan.

Awalnya, ia mendatangi Rumah Sakit Adi Husada, kemudian ke Rumah Sakit Premier Surabaya, lalu ke Rumah Sakit Islam (RSI), dilanjutkan ke RKZ, dan terakhir ke Rumah Sakit Darmo. Selama keliling ke 5 rumah sakit itu, rombongan Wali Kota Risma ini berkali-kali berhenti untuk sekadar mengingatkan warga untuk selalu memakai masker dan jaga jarak. Bahkan, Wali Kota Risma juga berkali-kali membagi-bagikan masker merah-putih bantuan dari artis ibu kota, Ari Lasso. Mereka pun nampak senang dan langsung memakai maskernya itu.

Selanjutnya, ketika Wali Kota Risma tiba di lima rumah sakit itu, ia langsung disambut para cleaning service, manajemen rumah sakit, dokter dan perawat. Ia pun langsung memberikan tali asih dan bantuan sembako kepada para cleaning service itu. Sedangkan para manajemen, dokter dan perawatnya diberi setangkai bunga tanda ucapan terimakasih dan mendorong mereka supaya terus semangat. “Terimakasih ya Pak, terimakasih ya Bu,” kata Wali Kota Risma kepada para cleaning service dan perawat, dokter serta manajemen rumah sakit itu.

Setiap berkunjung ke rumah sakit-rumah sakit itu, Wali Kota Risma menyampaikan terimakasih sebanyak-banyak karena telah membantu warga Kota Surabaya dalam memerangi Covid-19 hingga mereka banyak yang sembuh. Ia juga mengakui tidak bisa membalas apa-apa kebaikan tim medis itu, namun ia berdoa semoga Tuhan yang akan membalas semua kebaikan tim medis itu. “Sekali lagi atas nama warga Kota Surabaya, saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya,” kata dia.

Wali Kota Risma juga mengaku ikut merasakan kecapekan tim medis yang berada di garda terdepan menyembuhkan pasien-pasien Covid-19 ini. Tapi, atas dasar kemanusiaan, mereka itu tetap membantu mereka-mereka yang perlu disembuhkan. “Mungkin memang capek, tapi kita harus yakin bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan kita. Tuhan menciptakan gelap, dan Tuhan pasti menciptakan terang pula,” ujarnya.

Oleh karena itu, Wali Kota Risma sangat yakin para tim medis itu bisa melewati ini semua, meskipun kondisinya saat ini sangat sulit dan tidak mudah untuk dilewati. “Tapi cobalah Bapak-Ibu lihat senyum mereka-mereka yang sudah sembuh, jika suatu saat pasien yang sembuh itu bisa membuat anaknya berhasil, tentu itu berkat pertolongan Bapak-Ibu sekalian,” katanya.

Wali Kota Risma juga menyampaikan permohonan maaf jika selama ini masih ada kekurangan. Ia pun terus mengajak kepada mereka untuk semangat menghadapi pandemi ini. “Ayo semangat. Semangat. Kita pasti bisa melewati ini semuanya. Semangat ya!” kata Wali Kota Risma sembari dijawab “semangat” pula oleh tim medis itu.

Sebelumnya, Wali Kota Risma menjelaskan alasan memberikan bantuan kepada petugas cleaning service itu. Ia mengatakan bahwa seringkali banyak orang yang bilang terimakasih banyak kepada tenaga medis, namun kadang lupa pada tenaga pembersih ruangan atau cleaning service. “Padahal, mereka juga punya resiko yang sama tingginya dengan tenaga medis,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengaku menyempatkan diri keliling ke rumah sakit-rumah sakit untuk memberikan bantuan sekedarnya kepada petugas kebersihan dan Satpam itu. Hal ini dilakukan untuk memberikan perhatian kepada mereka. “Meskipun mungkin tidak besar, tapi kami ingin memberikan perhatian juga kepada mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSI Surabaya Samsul Arifin mengucapkan terimakasih banyak kepada Wali Kota Risma yang telah mensupport petugas medis yang berada di garis terdepan penanganan Covid-19. Ia berharap, bantuan ini bisa memotivasi para petugas medis itu untuk terus melayani pasien-pasien yang terkena Covid-19. “Saya kira Bu Risma ini sangat peduli kepada kami-kami tim medis, makanya kami di sini (RSI) akan terus menambah kapasitas untuk pasien Covid-19,” kata Samsul.

Ia juga menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan Wali Kota Risma kali ini adalah bantuan sembako dan bantuan uang kepada petugas cleaning service, Satpam dan tukang parkir. Ia juga mengakui bahwa selama ini sudah berkali-kali menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Pemkot Surabaya. “Kira-kira sudah 4 kali kami dibantu APD oleh Pemkot Surabaya, sekali lagi terimakasih,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait