Utut Minta Kemenkeu Rancang Pos Dana Khusus Bencana

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merancang pos dana khusus untuk bencana alam pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Pasalnya, pendanaan untuk bencana alam selama ini datangnya selalu lambat, terlebih dalam kaitan recovery, yang bebannya tidak bisa ditopang dengan gotong royong masyarakat.

“Konsep APBN kita itu diperuntukan buat belanja. Untuk bencana ada, tapi kurang memadai. Karena itu, kita dorong agar ada dana cadangan bukan hanya untuk saat bencana, tetapi juga untuk recovery atau pasca bencana,” ungkap Utut saat ditemui di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Senayan, Jakarta.

Selain itu, laki-laki kelahiran Jakarta, 16 Maret 1965 ini juga berharap mitigasi terus digaungkan kepada masyarakat sejak dini, agar mereka siap dan sigap menghadapi segala bencana yang terjadi.

Soalnya, kata pecatur terbaik Indonesia ini, posisi geografis Indonesia yang berada di ring of fire yang sangat rawan bencana. Siap artinya, masyarakat dididik langkah menghadapi bencana. Sigap artinya masyarakat siap membantu bila menemukan korban. Hal seperti ini perlu terus digaungkan terus,” tegas legislator dapil Jawa Tengah VII itu. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *