Via Tol Sibanceh, Aceh dan Sumatera Utara Lebih Dekat

  • Whatsapp

Beritalima.com ( Pembangunan mega proyek tol Banda Aceh-Medan dengan bentang sejauh 513 km dibagi dalam lima ruas tol, yakni Banda Aceh-Sigli, Sigli-Lhokseumawe, Lhokseumawe-Langsa, Langsa-Binjai, dan Binjai-Medan. Hadirnya ruas jalan tol ini akan mempermudah mobilitas masyarakat.

Anggota DPR RI Fraksi PKB Daerah Pilihan Aceh II, H. Ruslan M. Daud, menyatakan bahwa waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Medan atau sebaliknya menggunakan jalan nasional bisa mencapai 10-12 jam. Namun, dengan kehadiran ruas jalan tol Banda Aceh-Medan, jarak tempuhnya bisa dipangkas menjadi sekitar 5-6 jam saja.

Menurutnya, mobilitas yang semakin cepat antara dua wilayah ini akan berdampak positif pada sektor perekonomian. Misalnya, berkurangnya biaya logistik di kawasan-kawasan produktif hingga meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Sehingga, pertumbuhan ekonomi bisa terjadi, khususnya di wilayah yang dilewati ruas tol Banda Aceh-Medan.

Pembangunan infrastruktur jalan tol telah menjadi salah satu tonggak penting dalam upaya meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia. Salah satu proyek yang sedang dalam proses adalah penyambungan Aceh-Medan.

Selama ini, perjalanan dari Medan ke Aceh menggunakan jalur darat bisa memakan waktu yang cukup lama. Secara umum, waktu tempuh dari Medan ke Banda Aceh adalah sekitar 10-12 jam, tergantung pada beberapa faktor seperti lalu lintas, kondisi jalan, dan kecepatan kendaraan.

Pemerintah pusat tengah berupaya menyambungkan Provinsi Aceh hingga ke Ibukota Provinsi Sumatera Utara melalui jalur tol. Ada lima ruas tol yang menghubungkan dua provinsi besar di pulau Sumatera ini. Dari kelima ruas tol itu, tiga di antaranya berada di Provinsi Aceh, sementara dua lainnya berada di Provinsi Sumatera Utara.

Ruas Tol Sigli-Banda Aceh progresnya termasuk paling signifikan. Dari total enam seksi sepanjang 74,5 km yang ada di ruas ini, telah tersambung Seksi 2, 3, 4, 5, dan Seksi 6. Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 6,26 km beroperasi pada 8 Maret 2022.

Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16,37 km telah beroperasi pada 26 Februari 2021. Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang dengan panjang 14,60 km beroperasi pada 1 Juli 2020 dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Kemudian Seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Baitussalam mulai beroperasi pada Kamis 22 Juni 2023 sepanjang 12,7 km. Seksi 1 termasuk yang terakhir dituntaskan.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan Semihardjo mengatakan Seksi 1 Padang Tidji-Seulimum sepanjang 24,67 km saat ini progres lahannya sudah 98,15 persen.

Progres konstruksi Seksi 1 mencapai 56,86 persen dengan target operasional Desember 2023 yang lalu.(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait