Visi Misi Calon KaDes Buya, Membawah Perubahan untuk warga

  • Whatsapp

Dinnur Soamole Calon Kepala desa Buya

SULA,Dalam era keterbukaan, memudahkan akses informasi serta meningkatnya daya kritis masyarakat maka Kepala Desa sebagai Kepala Pemerintahan diperhadapkan pada tantangan yang semakin berat dalam upaya peningkatan kesejahteraan warga masyarakat terutama penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel dan transparan, pembangunan fisik maupun non fisik, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat

Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang mengedepankan fungsi keadilan berkesinambungan serta berkesimbangan dalam  segala bidang. Oleh karena itu dalam penyusunan Visi dan Misi ini, berbagai aspek menjadi bahan pertimbangan terutama dengan melihat keanekaragaman potensi sumberdaya baik alam maupun SDM yang dimiliki serta latar belakang kehidupan sosail masyarakat Desa BUYA.

Desa BUYA sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula tentu saja dalam penyusunan Visi Misi akan selalu selaras dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula agar terciptanya sinergitas  dalam pelaksanaan tugas tugas  pemerintahan desa yang selaras dengan pemerintahan kabupaten..

Tidak kalah pentingnya juga dalam penyusunan Visi Misi ini adalah Kualitas  dari Sumber daya Manusia yang ada baik dilingkungan Aparatur Pemerintah Desa maupun pada warga masyarakat secara keseluruhan. Karena dengan sumber Daya masyarakat yang lebih baik dan memadai diharapkan akan meningkatkan pelayanan pemenuhan kebuthan administrasi dan melaksanakan tugas tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi setiap organ pemerintahan desa.

V I S I              : 

TERWUJUDNYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK DAN BERSIH,TRANSPARAN DAN AKUNTABEL MENUJU DESA BUYA YANG MAJU, AMAN, LANCAR, KONDISIF DAN SEJAHTERA

M I S I                        : 

MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PEMERINTAH DESA YANG CEPAT, TEPAT DAN BENAR

MEWUJUDKAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA TRANSPARAN DAN AKUNTABLE

MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN YANG BERKESINAMBUNGAN DAN PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT / GOTONG ROYONG

MEWUJUDKAN SINERGISME PEMBANGUNAN YANG SELARAS DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN

MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN WARGA DESA DENGAN MENGEDEPANKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN

MENINGKATKAN KEEMANAN, KETERTIBAN DAN KETENTRAMAN WARGA DESA

PEMERATAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT BAIK PEMBANGUNAN FISIK MAUPUN DAN PEMBANGUNAN SUMBERDAYA MANUSIA

PROGRAM KERJA CALON KEPALA DESA

BIDANG PEMERINTAHAN

Pembenahan Aparatur Pemerintah Desa

Aparatur pemerintah desa perlu mengoptimalkan kinerjanya agar masing masing bidang dapat berfungsi dan berjalan dengan baik sehinga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas sehinga diharapkan peran aparat desa akan maksimal dan mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat.

Transparansi Keuangan

Untuk meningkatkan kepercayaan  kepada Kepala Desa  dan Aparatur Desa , segala keuangan desa harus terbuka dan transparan. Transparansi keuangan  yang dimaksudkan adalah dimana masyarakat harus mengetahui sumber sumber keuangan desa yang didapat dan pengalokasiannya minimal setahun sekali dalam Musyawarah Desa serta membuat laporannya kepada BPD.

Akuntabel

Untuk menjaga agar penyelenggaran pemerintahan desa berjalan dengan baik terutama tata kelola keuangan berjalan sesuai ketentuan dan aturan yang ada maka dilakukan managemen tata kelola  yang tepat sesuai ketentuan dalam pengelolaan keuangan desa yang tertanggng jawab dan selalu melakukan kordinasi dan konsultasi kepada instansi terkait untuk menjaga agar tidak terdapat kesalahan dalam pelaksanaan ugas tugas tersebut

Sinergitas dengan BPD

Badan Permusyawatan Desa / BPD   yang anggotanya  adalah tokoh / wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa dalam menerima dan menyerap aspirasi masyarakat haruslah terlibat penuh dalam musyawarah terutama dalam pengambilan kebijakan kebijakan strategis dalam pembangunan desa dan juga selalu diminta pandangan dan pendapatnya sesuai dengan tugas dan fungsi serta  kapasitas  dalam kemitraan pemerintah desa.

 

Peningkatan Pelayanan Publik

Pelayanan kepada masyarakat  sangat perlu ditingkatkan, karena pada hakekatnya  kepercayaan sebagai Kepala Desa dana Aparatur Pemerintah desa  adalah wujud dari Pelayanan Masyarakat itu sendiri. Sehingga pelayanan yang prima terhadap masyarakat  haruslah menjadi prioritas  sepanjang tidak bertentangan dengan hokum dan norma norma yang berlaku dalam masyarakat.

BIDANG PEMBANGUNAN

Pembangunan Ahlak

Pembangunan yang diarahkan untuk membentuk pribadi yang berakhlakul karimah agar terciptanya kehidupan social bermasyarakat yang saling hormat menghormati dan saling menghargai untuk terciptanya kehidupan yang harmonis  dalam desa.

Merangkul dan merajut seluruh unsur dalam masyarakat menjadi satu keluarga besar masyarakat desa BUYA yang solid.

Pembangunan Fisik

Segala bentuk kegiatan yang menjadi penunjang dan sarana menuju tercapainya VISI MISI  terutama dalam hal yang kelancaran roda pemerintahan, upaya masyarakat dalam mata pencaharian Pertanian dan Perikanan serta sector lainnya secara sinergis sesuai dengan ketersediaan dana yang didapat pemerintah desa BUYA.

Pembangunan Ekonomi

Menghidupkan kegiatan usaha masyarakat untuk bisa mandiri dan mendapatkan hasil yang sesuai komofitas Perkebunan Kelapa dengan membuka Jalur Penjualan Hasil Kopra langsung Ke Pabrik untuk meningkatkan nilai jual,  serta mengusahakan pembantuan modal usaha bagi kegiatan ekonomi Produktif dari Perbankan berupa  Stimulus  Kredit KUR bagi petani.(***)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait